Internasional

Nissa Sabyan Meriahkan Perayaan HUT Ke-74 RI di Yordania

Oleh : hendro - Minggu, 18/08/2019 08:03 WIB

Dubes RI Andy Rachmianto dan staf kedutaan RI di Yordania bersama Nissa Sabyan

Amman, INDONEWS.ID - Penyanyi muda berbakat Nissa Sabyan menghibur sekitar 400 WNI di Yordania yang hadir pada acara Pesta Rakyat yang diselenggarakan KBRI Amman, Sabtu (17/8/2018) kemarin.

  Meskipun di tengah cuaca yang cukup terik, Nissa Sabyan tampil anggun membawakan sejumlah lagu-lagu Gambus bernuansa Islami dan Shalawat Nabi. Seluruh WNI yang hadir  menyambut hangat dan antusias kehadiran Nissa Sabyan di Amman, dan turut bernyanyi pada sejumlah lagu-lagu hits seperti Ya Maulana dan Labaik Allahuma.  

Nissa Sabyan yang baru kali pertama menginjakan kaki di bumi para nabi sangat antusias diberi kesempatan bernyanyi di tengah-tengah masyarakat Indonesia di Hari Kemerdekaan Indonesia. Lagu-lagu Sabyan Gambus yang sebagian berbahasa Arab sangat populer di kalangan WNI di Yordania, khususnya para pelajar, mahasiswa dan pekerja migran Indonesia. 

KBRI Amman menyelenggarakan acara Pesta Rakyat dalam rangka memperingati HUT Ke-74 Republik Indonesia yang menyuguhkan berbagai kegiatan hiburan dan kuliner. Sejumlah perlombaan anak jug dipertandingkan, seperti lomba balap karung dan lomba memindahkan bola.
 
Sekitar delapan gerai makanan turut memeriahkan acara dengan menyajikan makanan-makanan tradisional, seperti es cendol, pempek, dan mie ayam baso. 

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya,  Pesta Rakyat KBRI Amman merupakan kegiatan yang sangat dinanti-nanti oleh para mahasiswa dan diaspora Indonesia di Yordania.

Selain menjadi sarana bersilaturahmi, pesta rakyat juga menyediakan aneka macam  doorprize menarik. Sejumlah doorprize yang dibagikan KBRI Amman untuk tahun ini antara lain TV, handphone, sepeda, lemari es, microwave, pemanas ruangan, dan lain sebagainya.

Dubes RI Andy Rachmianto tidak ketinggalan untuk bernyanyi dan berjoget dangdut di tengah kerumunan pengunjung Pesta Rakyat. 

Sebelum penyelenggaraan Pesta Rakyat, Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih dilaksanakan KBRI Amman pada pukul 07.00 pagi waktu setempat. Turut hadir sejumlah Duta Besar negara-negara ASEAN, Presiden Asosiasi Persahabatan Yordania-Indonesia, serta para pejabat Yordania alumni Lemhanas. Upacara berjalan dengan khidmat dan dihadiri sekitar 200 warga diaspora Indonesia dari kalangan pekerja migran dan mahasiswa. 

Perayaan HUT ke-74 RI yang diselenggarakan KBRI Amman pada tahun ini cukup berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pelaksanaan Upacara Pengibaran bendera dan Pesta Rakyat dilakukan di luar premis KBRI Amman sehingga lebih megah dan semarak. 

Dengan  kapasitas tempat yang lebih luas, jumlah WNI yang hadir mengikuti Upacara Bendera dan Pesta Rakyat lebih banyak.  

Duta Besar RI Andy Rachmianto menyampaikan bahwa Perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia yang diselenggarakan di luar premis KBRI Amman merupakan sebuah preseden baru yang positif.

“Pelaksanaan Upacara Bendera tahun ini sangat berkesan karena dihadiri masyarakat Indonesia dengan jumlah yang lebih besar. Selama ini antusiasme masyarakat Indonesia di Yordania untuk menghadiri upacara peringatan HUT RI sangat tinggi namun terkendala dengan kapasitas KBRI yang terbatas. Pelaksanaan Upacara Bendera sangat penting khususnya untuk memupuk rasa nasionalisme dan cinta tanah air para diaspora dan mahasiswa Indonesia di Yordania, termasuk juga bagi pasukan pengebar bendera (paskibra) KBRI Amman” tutur Andy. 

--o0o--

Artikel Terkait