Politisi Nasdem Tak Setuju Demokrat dan Gerindra Merapat ke Pemerintah

Oleh : Rikardo - Minggu, 20/10/2019 12:30 WIB

Politisi Partai Nasdem Irma Suryani Chaniago

Jakarta, INDONEWS.ID - Konsistensi sikap politik Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk tetap menjadi oposisi pemerintah lima tahun ke depan dinilai baik dan justru menguntungkan bagi keberlangsungan suatu negera untuk menjalankan funsgi check and balances.

Politisi Partai Nasdem Irma Suryani Chaniago mengatakan sistem check and balances pada sebuah pemerintahan dinilai penting.

Namun sistem checks and balances ini menurut mantan anggota DPR tersebut tak bisa diaplikasikan pada lembaga legislatif. Pasalnya kepentingan politik di lembaga legislatif seperti DPR masih kental adanya.

"Makanya kemudian selalu saya sampaikan anggota DPR itu nggak bisa jadi checks and balance. Sampai hari ini belum bisa. Saya mantan anggota DPR RI. Anggota DPR RI itu masih kepanjangan tangan partai kok. Semua keputusan ya keputusan fraksi yang dijalankan," tuturnya.

Maka dari itu ketika ditanya mengenai pendapatnya perihal kemungkinan Gerindra masuk ke dalam koalisi Jokowi-Amin, Irma menuturkan perlunya sistem check and balances di luar lembaga legislatif.

"Kalau ditanya Mbak Irma setuju enggak Gerindra masuk kabinet? Saya bilang harus ada checks and balances di luar," tutup Irma.*(Rikardo).

Loading...

Artikel Terkait