Nasional

Polisi Pulangkan Relawan Greenpeace Yang Melakukan Aksi Di Tugu Pancoran

Oleh : Ronald - Kamis, 24/10/2019 10:34 WIB

Aksi relawan greenpeace di Tugu Pancoran, Rabu (23/10/2019). (Foto : istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Lima orang relawan Greenpeace yang diekuk saat memanjat dan membentangkan spanduk di Patung Dirgantara atau Pancoran, Jakarta Selatan sudah dilepas polisi. 

"Kelimanya sudah dipulangkan," kata Juru Kampanye Hutan Greenpeace Arie Rompas saat dihubungi di Jakarta, Kamis, (24/10/2019).

Arie mengatakan lima relawan pemanjat dan pembentang spanduk di Tugu Pancoran dibawa ke di Polsek Menteng, Jakarta Selatan. Mereka kemudian ditangani Satpol PP setempat.
 
Lima relawan tersebut ditangkap pukul 09.00 WIB, Rabu, 23 Oktober 2019. Kemudian mereka dilepaskan sekitar pukul 15.00 WIB.

Sementara itu, lima relawan yang dibekuk di Patung Selamat Datang Bundaran Hotel Indonesia (HI) diproses lebih lama. Mereka baru dipulangkan pukul 21.00 WIB.
 
Relawan di Bundaran HI diproses di Polres Metro Jakarta Pusat. Mereka semua dipulangkan tanpa diproses hukum karena tak terbukti berbuat pidana.
 
"Karena mereka profesional tidak merusak apa pun dan tidak mengganggu fasilitas umum, mereka tidak mengganggu karena semua alat-alat dibersihkan tidak ada yang ditinggalkan," ujarnya.
 
Aksi relawan Greenpeace yang pertama kali terjadi di dua tug u ikonik di Jakarta. Mereka ingin mengingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memprioritaskan isu energi dan kehutanan.
 
Sektor energi menyangkut energi terbarukan dan meninggalkan energi kotor batu bara. Selain itu, pemerintah didesak menyelamatkan hutan serta melawan para perusaknya.
 
"Juga melawan perubahan iklim karena ini berkaitan dengan isu global," tegas Arie. (rnl)
 

Artikel Terkait