Ada Karnaval Jakarta Langit Biru, Ini Ruas Jalan Yang Dialihkan

Oleh : Ronald - Jum'at, 25/10/2019 21:59 WIB

Selama berlangsungnya Karnaval Jakarta Langit Biru 2019, Bus Transjakarta Koridor 1 tetap beroperasi. (Foto : ilustrasi)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemprov DKI Jakarta akan menggelar karnaval Jakarta Langit Biru 2019 pada Minggu (27/10/2019). Kegiatan untuk mengampanyekan udara bersih dan persiapan menyambut Formula E yang akan dilangsungkn pada 2020 mendatang.

Karnaval ini rencananya akan digelar pada pukul 14.00 WIB-18.00 WIB. Direncanakan sebanyak 470 kendaraan listrik akan berkonvoi dalam karnaval ini dengan rute Bundara Senayan-Bundaran Hotel Indonesia.

Dalam jumpa pers di Balaikota Jakarta pada Jumat, (25/10/2019) Sekda DKI Jakarta Saefullah menyampaikan Jakarta Langit Biru juga dalam rangka memperingati Hari Listrik Nasional ke-74 dan Hari Sumpah Pemuda ke-91.

"Karnaval Jakarta Langit Biru 2019 akan dibuka Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan,” ujar Saefullah.

Untuk mendukung kelancaran acara, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI akan melakukan rekayasa lalu lintas. Sejumlah jalan akan ditutup pada Minggu besok.

Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo mengimbau agar pengguna jalan menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan dengan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan.

”Dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan petunjuk petugas di lapangan, serta mengutamakan keselamatan di jalan," kata Syafrin.

Berikut 5 ruas jalan yang ditutup:

1. Ruas Jalan Sisingamangaraja sisi Barat (dari simpang JI. Sisingamangaraja Jalan Raden Patah H-Bundaran Senayan).

2. Ruas Jalan Jenderal Sudirman sisi Timur (dari simpang Jalan Jenderal Sudirman- Jalan Senopati sampai dengan Bundaran Senayan).

3. Ruas Jalan Pattimura (dari simpang Jalan Pattimura - Jalan Senopati sampai dengan Bundaran Senayan).

4. Ruas Jalan Hang Lekir I sisi Utara (dari simpang Jalan Asia Afrika—Hang Kelir I sampai dengan Bundaran Senayan).

5. Ruas Simpang Jalan Hang Tuah 3, Jalan Pakubuwono VI, Jalan Hang Lekir 9 dengan Jalan Sisingamangaraja.

Dengan penutupan jalan tersebut, lalu lintas akan dialihkan:

1. Arus lalu lintas dari Jalan Sisingamangaraja yang menuju ke Bundaran Senayan dialihkan untuk belok kiri ke Jalan Hang Tuah VII.

2. Arus lalu lintas dari arah Jalan Jenderal Sudirman yang akan menuju Bundaran Senayan dialihkan belok kiri ke Jalan Senopati.

3. Arus lalu lintas dari Jalan Pattimura yang akan menuju Bundaran Senayan diarahkan untuk putar balik.

4. Arus lalu lintas dari Jalan Asia Afrika yang akan menuju ke Bunderan Senayan dialihkan untuk belok kanan ke Jalan Hang Lekir I.

5. Arus lalu lintas dari Jalan Hang Tuah 3, Jalan Pakubuwono 9, Jalan Hang Lekir 9 menuju ke Jalan Sisingamangaraja di arahkan untuk putar balik.

Meskipun demikian, pada saat berlangsungnya acara tersebut, Bus Transjakarta Koridor 1 tetap beroperasi dengan rekayasa lalu lintas sebagai berikut:

1. Transjakarta rute Blok M—Kota: setelah keluar Halte Masjid Agung, diarahkan untuk berbelok ke kiri di Jalan Pakubuwono VI-Jalan Hang Lekir Jalan Hang Lekir 1-Asia Afrika Jalan Pintu Satu Senayan Jalan Jenderal Sudirman (situasional).

2. Transjakarta rute Kota—Blok M: setelah keluar Halte Gelora Bung Karno, di arahkan untuk berbelok ke kiri ke Jalan Senopati-Jalan Pattimura, belok kanan ke Jalan Trunojoyo—belok kiri ke Jalan Panglima Polim (situasional). (rnl)

Artikel Terkait