Bisnis

Duh Erick Thohir Mengaku Bingung BUMN Punya Bisnis Hotel, Berikut Daftarnya

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 05/12/2019 10:01 WIB

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (MarketBisnis.com)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku bingung saat mengetahui banyak perusahaan pelat merah yang memiliki hotel sebagai salah satu unit usahanya.

Kebingungan Erick sangat mendasar. Pasalnya, bisnis inti dari perusahan BUMN bukan di bidang jasa perhotelan melainkan pembiayaan seperti PANN yang diperuntukan untuk menangani pembiayaan perkapalan.

Namun, bukan hanya PT PANN yang memiliki usaha di bidang perhotelan. Sejumlah BUMN besar lainnya juga memiliki usaha di bidang serupa melalui anak-anak perusahaannya.

Oleh karena itu, ke depannya, Erick menyebutkan akan mengembalikan fungsi utama BUMN yakni fokus dengan bisnis intinya di bidang pembiyaan.

Berikut beberapa di antaranya yang Kompas.com rangkum melalui situs resmi BUMN:

1. PT Pertamina

BUMN yang baru saja mengalami pergantian jajaran komisaris ini memiliki usaha di bidang perhotelan melalui anak perusahaannya, PT Patra Jasa.

Hotel milik perusahaan yang bergerak di bidang minyak dan gas ini ada di kelas bintang 4 dan 5. Total, ada 6 unit hotel milik PT Patra Jasa, yakni:

The Patra Bali Resort & Villas
Patra Semarang Hotel and Convention
Patra Comfort Bandung Hotel
Patra Comfort Jakarta Hotel
Patra Comfort Anyer Beach Resort
Patra Comfort Parapat Lake Resort

2. PT Garuda Indonesia

Maskapai pelat merah ini tercatat menjalankan bisnis di bidang perhotelan melalui anak usaha PT Aero Wisata. Garuda memiliki sejumlah hotel dari berbagai kelas di berbagai kota besar di Indonesia. Hotel-hotel tersebut antara lain:

Prama Grand Preanger Bandung
Prama Sanur Beach Bali
Kila Senggigi Beach Lombok
Asana Grove Yogyakarta
Asana Kawanua Jakarta
Asana Grand Pangrango Bogor
Asana Nevada Ketapang
Prama merupakan hotel dengan pelayanan bintang 5, sedangkan Kila dan Asana ada di level bawahnya.

3. PT Angkasa Pura (AP) I

Hotel-hotel milik AP I berada di bawah pengelolaan anak usahanya PT Angkasa Pura Hotel. Berbeda dengan BUMN lain yang punya hotel di berbagai wilayah kota, hotel AP I terletak di sekitar atau bahkan di dalam area bandara.

Hotel-hotel bandara kepunyaan pengelola bandar udara di wilayah Timur Indonesia ini adalah:

Novotel Bali Airport
Ibis Budget Makassar Airport
Ibis Budget Surabaya Airport
Tidak hanya hotel, Angkasa Pura Hotel juga punya usaha di bidang katering penerbangan, food and beverage, lounge, dan sejumlah jasa lain.

4. PT Pegadaian

BUMN yang juga memperluas bidang usaha ke perhotelan adalah PT Pegadaian. Melalui anak perusahaan PT Pesonna Indonesia Jaya yang berdiri 2015, Pegadaian memiliki 9 hotel berbintang 3 yang tersebar di berbagai kota di Jawa dan Sulawesi.

Daftar hotel milik Pegadaian:

Pesonna Hotel Malioboro
Pesonna Hotel Tugu
Pesonna Hotel Gresik
Pesonna Hotel Makassar
Pesonna Hotel Pekanbaru
Pesonna Hotel Pekalongan
Pesonna Hotel Semarang
Pesonna Hotel Ampel Surabaya
Pesonna Hotel Tegal
Baca Juga: Erick Thohir akan memperbaiki Holding BUMN bentukan Rini Soemarno

5. PT PANN Multi Finance

Perusahaan pembiayaan di bidang kemaritiman ini belakangan mencuri perhatian. Pasalnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Thohir mengaku belum begitu familiar dengan nama perusahaan ini.

Ternyata, PANN juga memiliki bisnis di bidang perhotelan. Salah satu Hotel yang mereka kelola adalah Garden Permata Hotel Bandung, bekerja sama dengan PT Aria Molucca Pratama. Pengelolaan hotel ini mulai 2017.*(Rikardo). 

Artikel Terkait