Gaya Hidup

Indonesia Tunjukkan Toleransi Melalui Bazar Amal Akhir Tahun di Yordania

Oleh : hendro - Sabtu, 07/12/2019 06:45 WIB

Dubes Andy Rachmianto bersama Putri Majda Ra`ad selaku Presiden AHS

Amman, INDONEWS.ID - KBRI di Amman, Yordania telah ambil bagian pada acara  Bazar Amal Tahunan “Christmas Bazaar" ke-40 yang diselenggarakan Al Hussein Society for Training and Inclusion (AHS), Jum’at 6 Desember 2019, di Dunes Club Amman, Yordania.

Dalam pembukaan bazar, Putri Majda Ra'ad selaku Presiden AHS, menyatakan bahwa kegiatan bazaar tahunan ini merupakan penggalangan dana untuk mendukung program organisasi AHS dalam menyediakan pendidikan inklusif bagi anak penderita disabilitas di Yordania. 

"Lebih dari itu, acara yang diberi nama 'Christmas Bazaar' ini juga dimaksudkan AHS untuk mendorong rasa toleransi masyarakat Yordania yang mayoritas muslim terhadap kelompok  minoritas nasrani,"disampaikan Putri Majda. 

Sekitar 30 perwakilan negara-negara dan organisasi kemanusiaan berpartisipasi pada bazaar tersebut. Di antaranya merupakan negara berpenduduk mayoritas muslim besar, seperti Turki, Mesir, Irak, Pakistan, Yordania, Palestina, dan Indonesia. 

"Selain untuk mempromosikan budaya dan produk-produk kerajinan tangan Indonesia, partisipasi Indonesia pada 'Christmas bazaar' ini juga dimaksudkan untuk menampilkan wajah Indonesia sebagai negara muslim terbesar dengan rasa toleransi beragama yang tinggi", tegas Dubes RI Andy Rachmianto. 

“Seperti di Yordania, ini merupakan keunikan sekaligus kelebihan dari kualitas kehidupan umat beragama dan pluralisme di Indonesia yang perlu diketahui masyarakat dunia," sambung Andy.  

Gerai KBRI Amman kembali mendapat apresiasi dari Putri Majda karena kemeriahan dan keunikan barang yang ditampilkan. Hampir seluruh tamu undangan yang berkunjung ke gerai Indonesia menyampaikan kekagumannya akan kekayaan budaya Indonesia dan memborong sejumlah barang kerajinan, seperti patung, ukiran wayang, topeng, tas, dompet, topi dan kipas bermotif batik.

Sambutan hangat dari pengunjung bazaar menjadi bukti bahwa Indonesia semakin dikenal oleh masyarakat Yordania. "Kualitas hubungan bilateral kedua negara semakin matang dalam beberapa tahun terakhir,  yang ditunjukkan dengan meningkatnya intensitas kunjungan pejabat tinggi, nilai perdadangan yang terus tumbuh positif, serta kunjungan wisatawan antar kedua negara yang semakin meningkat," tutur Andy.   

Indonesia dan Yordania akan merayakan 70 tahun hubungan diplomatik pada tahun 2020 mendatang. “Partisipasi Indonesia pada bazar kali ini diharapkan dapat memperkuat fondasi hubungan yang telah terbangun selama ini,”tutup Dubes Andy. 

 

Artikel Terkait