Nasional

BMKG: Hujan Lebat Disertai Petir Masih Guyur Jakarta Selama 3 Hari ke Depan

Oleh : Rikard Djegadut - Rabu, 01/01/2020 16:01 WIB

Hujan guyur Jakarta di malam pergantian tahun 2020 (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi curah hujan dengan intensitas lebat akan mengguyur wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya hingga 4 Januari mendatang.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, R Mulyono Prabowo, menuturkan curah hujan yang lebat juga disertai kilat/petir serta angin kencang.

Melalui pernyataan, Mulyono menuturkan cuaca ekstrem ini disebabkan fenomena atmosfer di kawasan yakni Monsun Asia yang menyebabkan terjadinya peningkatan pasokan massa udara basah di wilayah Indonesia.

Di saat bersamaan, perlambatan kecepatan angin dan kenaikan suhu permukaan laut di beberapa wilayah Indonesia memicu peningkatan uap air cukup tinggi yang mendukung pembentukan awan hujan.

"[Cuaca ekstrem] juga diperkuat oleh fenomena gelombang atmosfer (Equatorial Rossby Wave dan Kelvin Wave) yang signifikan di sekitar wilayah Indonesia," kata Mulyono pada Rabu (1/1).

Selain DKI Jakarta dan sekitarnya, BMKG memprediksi curah hujan lebat juga berpotensi membasahi sebagian wilayah Indonesia mulai dari Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah Sulawesi, Maluku, hingga Papua.

BMKG memperkirakan curah hujan dengan intensitas lebat bahkan mungkin terjadi hingga 7 Januari di beberapa wilayah Indonesia seperti Jawa barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan, NTB, NTT, hingga Papua.

Lembaga tersebut mengimbau masyarakat untuk waspada dan mengantisipasi risiko banjir, tanah longsor, angin kencang, dan pohon tumbang selama periode tersebut.

 

Loading...

Artikel Terkait