Pojok Istana

Jokowi Gelar Rapat Internal Bahas Evakuasi WNI di Wuhan

Oleh : Ronald - Kamis, 30/01/2020 21:30 WIB

Jokowi di Puspitek, Tangerang pada Kamis (30/1/2020). (Foto: Ist)

 

Jakarta, INDONEWS - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo akan menggelar rapat internal dengan sejumlah menteri membahas hal yang berkaitan dengan proses evakuasi WNI di Wuhan, China yang masih diisolasi karena makin merebaknya virus corona.

"Kita memiliki opsi mengevakuasi, tapi semua ada prosedurnya. Sore ini diputuskan dalam rapat internal," ujar Jokowi di Puspitek, Tangerang pada Kamis (30/1/2020).

Presiden Jokowi menyampaikan hal itu kepada Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi agar menjajaki opsi tersebut. Presiden  mengatakan, rencana evakuasi ini akan melibatkan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

"Saya kira untuk saat ini, TNI memang yang paling siap," ujar Jokowi.

Meski demikian, Presiden mengakui jika proses evakuasi WNI di Wuhan tentu tak akan mudah karena menyangkut virus.

"Masuknya seperti apa, apakah nanti akan karantina. Hal seperti ini jangan dianggap gampang karena sekali lagi, ini menyangkut virus," ujar Jokowi.

Hingga kemarin, China menyebut sebanyak 5,974 kasus virus corona ditemukan di China. Sebanyak 132 orang tewas karena virus yang disebut tidak ada obatnya 

Pertumbuhan jumlah kasus virus corona di China sangat tinggi, mencapai hampir 1.500 kasus dari total kasus yang terjadi kemarin. Itu artinya peningkatannya lebih dari 30 persen. Jumlah ini belum termasuk Hong Kong dan Macau yang temuan kasus virus Corona dilaporkan kecil. (rnl)

 

Artikel Terkait