Nasional

Krisis Politik Internal, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad Mengundurkan Diri

Oleh : Marsi Edon - Senin, 24/02/2020 16:05 WIB

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad.(Foto:Tribunnews.com)

Jakarta, INDONEWS.ID - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad secara resmi menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya. Diketahui, surat pengunduran diri tersebut telah disampaikan kepad raja Malaysia,Sultan Abdullah. Jakarta, Senin,(24/02/2020)

Melansir kompascom, Kabar penguduran diri tersebut dikatakan mengejutkan. Karena, Mahatir pernah mengatakan bahwa ia akan melanjutkan tugasnya sebagai perdana menteri hingga Malaysia menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) pada November 2020.

Diketahui, dinamika politik internal malaysia seminggu terakhir tidak menentu. Hal ini juga menjadi salah satu pemicu mundurnya Mahatir.

Selain itu, mundurnya Mahatir memberi dinamika baru terhadap politik internal negeri Jiran tersebut. Dinamaka politik tersebut tidak lain adalah pembentukan pemerintahan yang baru setelah pengunduran diri dari Mahatir.

Adapun koalisi yang diberitakan untuk menyusun pemerintahan yakni Pakatan Nasional. Koalisi ini dukung oleh beberapa partai di antaranya dari kubu oposisi Partai Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) dan Partai Islam Se-Malaysia (PAS).

Namun, keberadaan koalisi ini juga belum pasti. Hal ini disebabkan karena dinamika politik internal negeri Jiran terus bergulir setelah Perdana Menteri Mahatir menyatakan diri mundur dari jabatannya.*

Loading...

Artikel Terkait