Nasional

WNI ABK Kapal World Dream akan Dipulangkan, Pemerintah: Mereka Diobservasi di Kepulaun Seribu

Oleh : Rikardo - Senin, 24/02/2020 18:30 WIB

Menko PMK Muhadjir Effendy (Andhika Prasetia/detikcom)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemerintah berencana memulangkan WNI awal kapal pesiar World Dream yang kini berada di Hong Kong. Pemulangan dilakukan menyusul dihentikannya pengoperasian kapal jenis cruise tersebut akibat wabah virus Corona.

Pemerintah mengatakan akan membawa pulang 188 WNI di kapal World Dream tersebut pada 26 Februari 2020. Nantinya, para WNI tersebut bakal diobservasi di Pulau Sebaru.

Demikian dikatakan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy setelah bertemu dengan Presiden Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (24/2/2020).

"Sementara yang kita putuskan untuk mengevakuasi anak buah kapal dari World Dream. Kapal Suharso sudah ke laut. Nanti kemudian dipindahkan, tetapi Kapal Suharso akan diobservasi sesuai dengan prosedur yang ditetapkan TNI AU," kata Muhadjir

Pulau Sebaru yang terletak di Kabupaten Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, disiapkan untuk lokasi observasi. Pulau itu, kata Muhadjir, bukanlah pulau berpenghuni.

"Lokasi sudah diterapkan dan disiapkan, yaitu di Kepulauan. Ada pulau yang tidak berpenghuni, di Sebaru 1," kata Muhadjir.

Muhadjir menjamin Pulau Sebaru aman dijadikan tempat observasi. Fasilitas untuk observasi disiapkan.

"Pokoknya ada tempat yang kita anggap aman. Karena ada pulau yang tidak ada penghuninya, kita tinggal pakai aja," ujar Muhadjir.*(Rikardo). 

 

Loading...

Artikel Terkait