Nasional

Dinkes DKI Pastikan Tidak Ada Pasien Penderita Covid-19 di Ibukota Negara

Oleh : luska - Sabtu, 29/02/2020 15:01 WIB

Kepala Dinkes DKI Jakarta, Widyastuti. (Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID -  Kepala Dinkes DKI Jakarta, Widyastuti menjelaskan  menurut hasil tes laboratorium menunjukkan tidak ada pasien penderita COVID-19 atau virus  Corona di ibu kota.

Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI memastikan mengenai beredarnya informasi melalui penyebaran foto dari salah satu slide dalam paparan Dinkes DKI Jakarta tentang Kewaspadaan Corona Virus Disease 2019 di DKI Jakarta, dapat dipastikan tidak benar. 

Gambar dan penjelasan yang tersebar di masyarakat tersebut tidak menjelaskan secara benar dan utuh isi paparan.

"Pada slide tersebut yang dimaksudkan dengan kasus COVID-19” adalah menunjukkan pasien dengan dugaan awal COVID-19, karena memiliki gejala dan riwayat perjalanan dari negara terjangkit," kata  Kepala Dinkes DKI Jakarta melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (29/2/2020).

"Namun pemeriksaan sampel di Litbangkes Kementerian Kesehatan RI menunjukkan hasil negatif COVID-19 di DKI Jakarta," sambungnya.

Lebih lanjut, hingga saat ini terdapat 115 orang dalam pemantauan dan 32 pasien dalam pengawasan berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan RI. 
Orang dalam pemantauan dan pasien dalam pengawasan tersebut berdasarkan hasil penyelidikan epidemiologi (PE), tersebar di 5 wilayah Kota di DKI Jakarta dan luar DKI Jakarta.

Widyastuti menegaskan, Dinkes DKI Jakarta terus berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan instansi terkait dalam melaksanakan pengawasan dan pemantauan.

"Kami berharap agar masyarakat tak perlu cemas dan tidak mudah percaya dengan beredarnya pemberitaan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Masyarakat perlu cross check lagi untuk memastikan kebenaran setiap informasi yang diterima," ujar Widyastuti.

Bagi masyarakat yang memerlukan informasi lebih lanjut terkait COVID-19 dapat menghubungi Call Center Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta di nomor 081388376955. (Lka)

Artikel Terkait