Nasional

AS Catat Kematian Pertama Akibat Virus Corona, Trump Imbau Warganya Tetap Tenang

Oleh : Rikard Djegadut - Minggu, 01/03/2020 12:01 WIB

Presiden Amerika Donald Trump (Foto: ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengonfirmasi kematian pertama warganya akibat virus corona atau Covid-19. Trump memastikan pemerintah akan mengambil langkah paling agresif menangani kondisi tersebut.

Pasien tewas itu adalah seorang perempuan berusia 50an di salah satu kawasan negara bagian Washington. Merespon tragedi tersebut, Trump mengimbau rakyat AS untuk tetap tenang.

"Kami akan mengambil langkah paling agresif untuk melawan virus corona. Negara kita telah bersiap untuk menghadapi segala apapun. Tak ada alasan untuk panik sama sekali," ujar Trump, Sabtu (29/2) seperti dilansir AFP.

Gubernur Washington, Jay Inslee, menyatakan belasungkawanya atas kematian pasien positif corona itu di negara bagiannya.

Trump mengatakan pada Senin (2/3), dirinya akan bertemu dengan para pemimpin grup farmasi besar di Gedung Putih. Mereka akan mendiskusikan langah dan upaya untuk mengembangan vaksin melawan virus tersebut.

Lebih lanjut, Trump menyatakan kasus corona yang terdeteksi di AS oleh sistem kesehatan publik saat ini mencapai 22. Ditambah pasien yang direpatriasi dari luar AS, kata Trump, saat ini menjadi 77 totalnya.

Di seluruh dunia, kini virus yang awalnya terdeteksi mula-mula di Wuhan (China) itu telah meneybar ke 61 dunia. Di seluruh dunia saat ini setidaknya 86 ribu dikethui terinfeksi dan, 2.900 orang tewas karenanya.*(Rikardo). 

 

 

Artikel Terkait