Pojok Istana

Jokowi Minta Transportasi Publik Tetap Beroperasi dengan Kebersihan Memadai

Oleh : Marsi Edon - Senin, 16/03/2020 16:44 WIB

Presiden Joko Widodo.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Presiden Jokowi meminta seluruh mode transportasi publik tetap beroperasi seperti biasa untuk melayani masyarakat. Arahan ini disampaikan presiden di tengah masalah virus corona yang telah menyebar dibeberapa wilayah di Indonesia.

Menurut Jokowi, tranportasi publik tetap melayani masyarakat seperti biasa dengan catatan meningkatkan kebersihan semua moda transportasi yang ada. Hal ini penting untuk mencegah meluasnya penyebaran virus corona di area publik.

"Transportasi publik tetap harus disediakan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dengan catatan meningkatkan tingkat kebersihan moda pengguna transportasi," kata Jokowi dalam konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Senin,(16/03/2020)

Lebih lanjut Jokowi menjelaskan, transportasi publik diminta untuk tetap beroperasi bertujuan mencegah terjadi kerumunan masyarakat diberbagai stasiun maupun terminal. Jika ada terjadi ada kerumuman massa dalam jumlah sangat banyak, kata Jokowi, peluang penularan Covid-19 sangat tinggi.

Karena itu,ia meminta, moda transportasi seperti kereta api,bus kota, MRT dan LRT, tetap beroperasi seperti biasa. Selain untuk mencegah kerumunan, juga untuk mengurangi panjang di setiap stasiun maupun terminal. `

"Baik itu kereta api, bus kota, MRT, LRT bus Trans, yang penting bisa mengurangi tingkat kerumunan, mengurangi antrean dan mengurangi tingkat kepadatan orang di dalam moda transportasi," jelas Jokowi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Indonews, Pemda DKI telah membatasi jam operasi beberapa mode transportasi dalam kota Jakarta. Akibatnya, terjadi antrean panjang di beberapa stasiun MRT yang ada di dalam kota Jakarta.*

 

 

Loading...

Artikel Terkait