Nasional

Rangkul BNPB, Sri Mulyani Bakal Jadikan Wisma Atlet Tempat Isolasi Pasien Positif Corona

Oleh : Ronald - Rabu, 18/03/2020 23:40 WIB

Menteri Keuangan, Sri Mulyani. (Foto: Ist)

 

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemerintah bakal menjadikan Wisma Atlet Asian Games di Kemayoran, Jakarta Pusat sebagai tempat isolasi pasien positif covid-19 atau virus corona.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam video-konferensi pada Rabu (18/3/2020). 

Sri Mulyani mengaku akan berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memanfaatkan wisma atlet sebagai tempat isolasi pasien virus corona.

"BNPB mengkoordinasikan pemanfaatan Wisma Atlet yang akan dikonversi menjadi tempat isolasi bagi pasien yang positif virus corona, tetapi bagi mereka yang tidak membutuhkan dukungan tenaga medis atau rumah sakit," ujar Sri Mulyani.

Dijelaskan Sri Mulyani, pasien-pasien tersebut harus diisolasi agar tak menularkan orang lain. Adapun Wisma Atlet menjadi lokasi yang paling siap mengingat sejak gelaran Asian Games hingga kini belum dipergunakan.

Kendati demikian, Sri Mulyani menegaskan bahwa pasien yang ditempatkan di Wisma Atlet ini adalah yang tidak menunjukkan gejala sakit. Hal ini ditunjang juga dengan dukungan tenaga medis dan tenaga kesehatan.

"Wisma Atltet yang kemarin digunakan untuk Asian games di Kemayoran masih belum digunakan sehingga menjadi tempat yang paling siap dari sisi fasilitas, listrik, air, tempat tidur ada di sana," ujarnya.

Selain itu, BPNB dan Kemenkes, juga akan menyiapkan pengadaan untuk bahan Rapid Test dan akan didistribusikan ke rumah sakit daerah yang banyak terkena dampak virus corona. (rnl)

 

Artikel Terkait