Nasional

Prajurit Komlek Kolinlamil Latihan Peperangan Elektronika

Oleh : luska - Kamis, 02/04/2020 17:50 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Dalam lanjutan latihan peperangan elektronika (Pernika) tahun 2020, Prajurit Komunikasi elektronika Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) melaksanakan latihan dengan tetap menerapkan physical distancing, dengan cara  menggunakan sarana video conference di lingkungan Mako Kolinlamil, Tanjung Priok. 

Latihan ini diikuti oleh 23 orang prajurit Komlek Kolinlamil terdiri dari Personel Staf Diskomlek Kolinlamil, Unsur KRI Satlinlamil Jakarta dan Satlinlamil Surabaya yaitu KRI Banda Aceh 593, KRI Banjarmasin 592, KRI Teluk Amboina 503, KRI Teluk Hading 538, KRI Teluk Manado 537 dan KRI Mentawai 959.

Kegiatan yang dipimpin Kepala Dinas Komunikasi dan Elektronika (Komlek) Kolinlamil tersebut bertujuan mengasah kemampuan prajurit Komlek Kolinlamil  untuk mengawaki kesenjataan elektronika dalam mencegah keuntungan musuh dan memastikan teman tidak terhalang akses ke spektrum elektromagnetika.

Sebelum mengawali kegiatan Kadiskomlek Kolinlamil Kolonel Laut (E) Yesayas T.M. Silalahi, S.T., M.T. mengarahkan dalam pelaksanaan latihan  memanfaatkan sarana komunikasi yang tergelar di Puskodal  kolinlamil Video Conference dalam memberikan pembelajaran atau refresing dengan tetap memperhatikan keamanan baik personel material dan dokumen, dalam penyampaian tersebut dilaksanakan enkripsi.

Selain itu ia juga mengharapkan kepada seluruh prajuritnya untuk mengasah dan sering dilatihkan mengenai "Peperangan Elektronika" yang merupakan bidang dari kesenjataan Diskomlek Kolinlamil.

Disampaikan pula oleh Kadiskomlek Kolinlamil bahwa Peperangan elektronik mengacu pada tindakan yang melibatkan penggunaan spektrum elektromagnetik atau energi yang diarahkan untuk mengendalikan spektrum, menyerang musuh, menghalangi serangan musuh melalui spektrum. 
Tujuan dari peperangan elektronik yaitu untuk mencegah keuntungan musuh dan memastikan teman tidak terhalang akses ke spektrum elektromagnetik.

"Peperangan elektronik bisa dilakukan melalui udara, laut, darat, dan luar angkasa baik dengan alat yang berawak maupun tidak berawak dan dapat menarget manusia, komunikasi, radar dan atau aset yang lain, jelasnya.

Kasubdisbinkom Diskomlek Kolinlamil Mayor Laut (P) Agung Ariwibowo dan Kasubdishar Mayor Laut (E) Catur Turus Wibowo menjelaskan bahwa Peperangan elektronik terbagi 3 bagian besar yaitu serangan elektronik, perlindungan elektronik dan bantuan peperangan elektronik.

Serangan elektronik termasuk penggunaan energi elektromagnetik atau senjata anti radiasi yang ditujukan untuk menyerang fasilitas perorangan, atau peralatan yang bisa menetralkan atau menghancurkan kemampuan bertempur musuh. Serangan elektronik ini bisa dideteksi oleh musuh, tergantung dari level kecanggihan teknologi dan tingkat deteksi, banyak teknologi serangan elektronik yang tergolong rahasia tinggi, contoh dari serangan elektronik termasuk jamming komunikasi, penyerangan untuk display radar, serangan laser, decoy (flare dan chaff), dan alat peledak yang bisa diremote.

Perlindungan elektronik yaitu tindakan perlindungan untuk melindungi personel, fasilitas, dan peralatan dari segala efek serangan elektronik dari teman ataupun musuh. Contoh penggunaan perlindungan elektronik ialah penggunaan teknologi spektrum yang menyebar atau penggunaan daftar frekuensi yang dilarang, dan observasi yang diam-diam.

Bantuan peperangan elektronik yaitu tindakan yang ditugaskan atau diperintah langsung dari komando lapangan untuk mencegah, mengidentifikasi, dan menemukan sumber yang disengaja maupun tidak mengelurakan radiasi elektromagnetik yang bertujuan sebagai ancaman, atau dianggap berbahaya bagi operasi yang berjalan.

Pada kesempatan tersebut Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M menginstruksikan agar seluruh prajurit Komlek Kolinlamil wajib menguasai kemampuan peperangan elektronika untuk menghadapi tuntutan tugas ke depannya agar dapat terlaksana dengan baik sehingga tidak mengecewakan Satuan. (Lka)

Artikel Terkait