Nasional

Gotong Royong Bantu Penanggulangan Covid-19, Relawan Gugus Tugas Apresiasi XL Axiata

Oleh : very - Selasa, 21/04/2020 16:01 WIB

Ketua Bidang Komunikasi Tim Koordinasi Relawan, Joanes Joko. (Foto: Ist)

JAKARTA – Sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap penyebaran dan penanggulangan Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19, XL Axiata memberikan akses layanan telekomunikasi dan data gratis untuk Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta, Senin (20/4). Bantuan tersebut juga disalurkan kepada relawan dan langsung diterima oleh Ketua Tim Koordinasi Relawan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Andre Rahadian.

Selain itu, XL Axiata juga memperkuat jaringan di sejumlah titik lokasi rumah sakit dan penyediaan alat pelindung diri (APD).

Ketua Bidang Komunikasi Tim Koordinasi Relawan, Joanes Joko mengatakan, mengapresiasi bantuan dari XL Axiata sebagai wujud kepedulian korporasi terhadap penanggulangan pandemi Covid-19.

“Kami mengapreasi bantuan XL Axiata untuk membantu pemerintah dan juga relawan dalam rangka mencegah dan menanggulangi pandemi Covid-19. Kami juga mengharapkan keterlibatan korporasi lainnya untuk secara bergotong royong membantu pemerintah dan masyarakat luas dalam upaya memerangi bencana Covid-19 ini secara bersama-sama,” ujarnya.

Joko mengatakan, sebagai pihak terdepan bersama elemen masyarakat lainya, relawan sangat membutuhkan jaringan telekomunikasi untuk melakukan koordinasi dalam penanggulangan bencana ini.

(Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih, menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, Lilik Kurniawan, untuk membantu penanganan Covid-19 (Foto: XL Axiata).

Group Head Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan, dukungan tersebut merupakan bentuk keikutsertaan XL dalam gotong royong nasional bersama seluruh elemen masyarakat Indonesia dalam mencegah penyebaran Covid-19.

"Dengan keberadaan jaringan infrastruktur XL Axiata yang berada di seluruh wilayah Indonesia hingga pelosok daerah akan bermanfaat sebagai sarana komunikasi dan konektivitas data bagi tim BNPB untuk mempermudah koordinasi ke seluruh penjuru negeri,” kata Tri Wahyuningsih, dalam keterangannya.

Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB, Lilik Kurniawan mengatakan, pihaknya menyambut dukungan XL Axiata untuk membantu kelancaran komunikasi BNPB dalam menanggulangi wabah Covid-19.

"Saat ini memang pemerintah dan tentunya kami sangat membutuhkan banyak dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak, terutama seperti APD, akses-akses yang memudahkan kami untuk selalu terhubung dengan tim kami yang memang tersebar di seluruh Indonesia," ujar Lilik.

Dia berharap agar semua pihak bisa bergotong royong menghadapi masalah yang telah menjadi pandemi dunia ini.

Bantuan XL Axiata tersebut berupa layanan telekomunikasi dan data terdiri dari akses gratis untuk penggunaan telpon, SMS, dan data/internet, serta penggunaan MS Office.

BNPB menerima bantuan berupa 550 kartu perdana XL Axiata dengan paket bulanan Rp 50 ribu selama 3 bulan.

Selanjutnya, XL Axiata juga akan memperkuat jaringan telekomunikasi dan data di area Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, yang saat ini menjadi rumah sakit darurat khusus pasien Covid-19 dan di rumah sakit-rumah sakit yang fokus pada penanganan COVID- 19.

XL Axiata juga menempatkan satu unit mobil BTS untuk mendukung aktivitas komunikasi para petugas media dan pasien mulai pekan ini.

Selain itu, bantuan ini juga mencakup 100 unit alat pelindung diri untuk paramedis. Masih termasuk dalam kerjasama ini juga, XL Axiata membantu pengiriman blast SMS dari BNPB kepada pelanggan, yang berisi informasi seputar penanganan Covid-19, serta materi sosialisasi dan edukasi terkait dengan wabah virus berbahaya ini.

Melalui sarana tersebut, pelanggan XL Axiata dan masyarakat luas antara lain bisa mendapatkan informasi mengenai perkembangan terbaru penanganan wabah ini, seputar prosedur penanganan jika diduga ada masyarakat yang tertular, hingga mengenai rumah sakit mana saja yang menangani pasien Covid-19 di berbagai daerah.

Tri Wahyuningsih mengatakan, pihaknya selalu terbuka bekerja sama dengan berbagai instansi pemerintah dalam penanganan Covid-19.

"Kami juga akan memantau perkembangan yang ada sambil menyiapkan dukungan lain yang bisa kami berikan. Sebelumnya XL Axiata juga telah memberikan bebas akses ke website resmi covid19.go.id bagi pelanggan dan masyarakat yang menggunakan nomor XL Axiata,” kata Tri Wahyuningsih. (*)

 

Artikel Terkait