Nasional

Selamat! Mutasi Polri, Irjen Pol Muhammad Iqbal Jabat Kapolda NTB

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 04/05/2020 12:15 WIB

Kapolda NTB Baru Irjen Pol Muhammad Iqbal S.I.K., M.H bersama Pemimpin Redaksi INDONEWS.ID Drs. Asri Hadi (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis memutasi jabatan Kepala Divisi Humas Polri dan sembilan orang kapolda.

Dalam Telegram Kapolri Nomor ST/1378/V/KEP/2020 tertanggal 1 Mei 2020 yang diteken Wakil Kepala Polri Komjen Gatot Eddy Pramono menyebutkan Kepala Divisi Humas Polri Irjen Muhammad Iqbal diangkat menjadi Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) menggantikan Irjen Tomsi Tohir.

Sementara jabatan Kepala Divisi Humas Polri akan diisi oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Polisi Argo Yuwono.

“Irjen Pol Muhammad Iqbal Kadivhumas Polri diangkat dalam jabatan baru sebagai Kapolda NTB,” demikian bunyi salah satu poin Telegram itu.

Menyambut gembira pengumuman pengangkatan tersebut, Pemimpin Redaksi INDONEWS.ID selaku Dosen IIP-IPDN Kementerian Dalam Negeri Drs. Asri Hadi MA menyampaikan ucapan selamat kepada Irjen Pol Muhammad Iqbal S.I.K., M.H atas jabatan baru sebagai Kapolda NTB.

"Selamat kepada Irjen Pol Muhammad Iqbal sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) yang baru. Semoga amanah dan memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara, terutama di wilayah NTB," ungkap Asri Hadi melalui akun facebook pribadi @Asri Hadi seperti dikutip INDONEWS.ID, Sabtu (2/5/2020).

Sosok Irjen Pol Muhammad Iqbal

Irjen Pol Muhammad Iqbal S.I.K., M.H merupakan sosok yang memiliki pengalaman tugas di satuan lalu lintas dan Humas. Sebelum diangkat menjadi Kapolda NTB, Muhammad Iqbal didapuk sebagai Kepala Divisi Humas Polri.

Iqbal lahir di Palembang pada 4 Juli 1970. Ia lulus dari Akademi Kepolisian saat usianya menginjak 21 tahun. Selanjutnya, Iqbal mengawali kariernya sebagai Pamapta Polresta Banjarmasin Polda Kalselteng.

Kariernya pun kian menanjak. Sempat menjabat posisi Wakasat Lantas Polresta Banjarmasin, Iqbal kemudian ditunjuk sebagai Guru Muda I Pusdik Lantas Polri Serpong, Tangerang.

Setelah 4 tahun menduduki posisi tersebut, perwira yang berpengalaman di bidang lalu lintas ini kemudian mendapat promosi sebagai Kasat Lantas Poltabes Pekanbaru Polda Riau pada tahun 2000.

Selang 3 tahun, Iqbal dipindahtugaskan ke Riau dengan posisi Wakapolresta Dumai. Sejak itu, jabatan-jabatan strategis kerap diembannya, seperti Kasat Lantas Polwiltabes Surabaya Polda Jatim, Kapolres Gresik Polda Jatim, Kapolres Sidoarjo Polda Jatim, dan Kapolrestabes Surabaya Polda Jatim.

Selain di bidang lalu lintas, lulusan PTIK tahun 2000 ini pernah didapuk sebagai Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri dan Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Dengan pengalamannya sebagai Humas, pada 9 November 2018, Wakapolda Jatim ini memperoleh promosi sebagai Kepala Divisi Humas Polri.

Perwira dengan pangkat Brigjen ini menggantikan posisi Irjen Pol Setyo Wasisto yang mendapatkan penugasan di Kementerian Perindustrian. Sedangkan posisi Iqbal sebelumnya sebagai Wakapolda Jatim digantikan oleh Brigjen Pol Toni Hermanto.

Nama lain yang mendapat promosi jabatan dalam Telegram Kapolri kali ini adalah Kapolda Jawa Tengah Rycko Amelza Dahniel yang diangkat menjadi Kepala Baintelkam Polri menggantikan Komjen Agung Budi Maryoto.

Jabatan Rycko sebagai Kapolda digantikan oleh Wakapolda Jawa Tengah Brigjen Polisi Ahmad Luthfi.(Rikardo)

Loading...

Artikel Terkait