Gaya Hidup

Perangi Corona, Gemas Serahkan 50 Ribu Masker ke Korlantas Polri & Polda Metro Jaya

Oleh : Rikardo - Selasa, 05/05/2020 15:01 WIB

(Kiri-kanan) Corporate Communication SiCepat Ekspres Rangga Adriana, Relawan GEMAS Monika Wanda dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana (Foto/Rikard Djegadut/Indonews.id)

Jakarta, INDONEWS.ID - Relawan Gerakan Memakai Masker Gratis (GEMAS) menyerahkan 50 ribu masker GEMAS kepada perwakilan Korlantas Polri, dan Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana sebagai bentuk kepedulian terhadap upaya memerangi pandemi corona virus atau Covid-19. 

Acara penyerahan dilakukan  oleh perwakilan relawan GEMAS Wanda Ponika dan diterima langsung oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana di Gedung Korlantas Polri dan Gedung Polda Metro Jaya pada Selasa, (05/5/2020). 

Penyerahan Masker GEMAS kepada Korlantas Polri selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Larangan mudik menjadi penting karena Polri merupakan aparat yang sering berinteraksi dengan masyarakat di lapangan.

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana menyambut baik dan mengapresiasi gerakan GEMAS berupa pemberian masker kain secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan. Polri, tambahnya, akan memastikan penyaluran masker ini bisa sampai kepada masyarakat yang membutuhkan. 

"Saya dan seluruh jajaran Polda myetro Jaya mengucapkan terima atas niat baik yang ditunjukkan GEMAS ini. Polri akan akan memastikan penyaluran masker kain ini sampai kepada masyarakat dengan dukungan Polres, Polsek bahkan bhamtimbamas. Semoga bermanfaat bagi masyarakat," ujar Sudjana.

Sudjana menambahkan, selama masa PSBB ini, pihaknya sudah menyiapkan check point. Selain itu, pihaknya juga telah menggandeng berbagai elemen masyarakat di antaranya tokoh agama, tokoh masyarakat untuk menyadarkan masyarakat mematuhi larangan yang ditetapkan pemerintah. 

Relawan GEMAS, Wanda Monika dalam kesempatan itu mengatakan pihaknya masih akan membagikan masker kain merah putih kepada anggota Polri di daerah dan terus turun ke masyarakat luas. Tak hanya fungsinya, tapi masker kain GEMAS ini menjadi istimewa karena desain merah putihnya yang menguatkan kita untuk terus berjuang dalam menghadapi musibah ini. 

“Semoga gerakan ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk belajar taat dan memahami pentingnya disiplin memakai masker, sehingga menjadi kebiasaan baik demi kesehatan bersama. Kami berharap GEMAS bisa menginspirasi menumbuhkan berbagai gerakan positif di masyarakat,” ungkap Wanda.

Lebih lanjut, Wanda menjelaskan hingga saat ini, masker kain GEMAS telah dibagikan langsung oleh relawan di lapangan, dan berbagai NGO, TNI AD, Komunitas diantara lain Anak Indonesia Bersatu, Dompet Dhuafa, Kodim Jakarta Barat, GMI Jakarta, Komunitas Slankers, Asensi, Komunitas Spedox Surabaya, BNN, Kerabat KOTAK Indonesia, Bali Beachwalk, fX Sudirman, Park23, Plaza Indonesia, dan masih banyak lainnya.

Total Masker yang telah diproduksi lebih dari 3 juta dan telah didistribusi baik melalui WhatsApp dan melalui Relawan sebanyak 841.000 dengan daerah distribusi sampai ke NTT & Papua. 

Masker merah putih dari GEMAS (Gerakan Memakai Masker) ini dipakai oleh banyak influencer tanah air seperti: Raffi Ahmad; Maia Estianty; Cinta Laura; Baim Wong; Ari Lasso; Prilly Latuconsina; dan Kaesang Pangarep. Para influencer ikut mengkampanyekan pentingnya memakai masker kain terutama disaat pandemi Covid-19.

Tentang Gerakan Memakai Masker Gratis (GEMAS) Program GEMAS ini adalah Program donasi Masker Gratis ditujukan bagi masyarakat Indonesia yang kurang mampu sebagai salah satu alat pelindung diri terhadap penyebaran virus Covid-19. Pada saat ini diprioritaskan yang berada di wilayah Jakarta atau wilayah lain yang berdasarkan data statistik terkena dampak virus Covid-19.

Masker yang dibagikan adalah masker kain non-medis yang dapat digunakan secara berulang namun tetap terlindung dari penularan virus Covid-19. Selain itu masker kain dapat dicuci dan digunakan kembali. Program GEMAS ini nantinya akan membagikan masker kepada jutaan masyarakat Indonesia yang membutuhkan secara gratis.

Bagi Masyarakat atau Individu yang membutuhkan bantuan masker dari Program GEMAS dapat mengirimkan WhatsApp melalui nomor 081319200030 dan dikirim gratis ke seluruh Indonesia dengan menggunakan layanan jasa pengiriman SiCepat Ekspres. Untuk yang ingin berdonasi bisa dengan cara melakukan transfer ke nomor rekening BCA 27004444787 An. Yayasan Bintang Berkah Manusia.*(Rikardo).

Loading...

Artikel Terkait