Nasional

Dinas Pendidikan DKI Jakarta : Ada Tiga Skema Terkait Wacana Kembali Buka Sekolah

Oleh : Ronald T - Jum'at, 15/05/2020 18:30 WIB

Rencananya, sekolah di Jakarta akan kembali dibuka bertepatan dengan dimulainya tahun ajaran baru 20020/2021, yakni 13 Juli. (Foto : Ilustrasi)

Jakarta, INDONEWS.ID - Dinas Pendidikan DKI Jakarta telah menyiapkan sejumlah skenario terkait wacana membuka sekolah kembali. Rencananya, sekolah di Jakarta akan kembali dibuka bertepatan dengan dimulainya tahun ajaran baru 20020/2021, yakni 13 Juli.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Nahdiana juga mengatakan rencana tersebut disusun dengan mempertimbangkan penerapan pembatasan sosial skala besar (PSBB) dalam rangka mencegah penularan Covid-19.

"Hari pertama sekolah dengan mempertimbangkan kebijakan baik dari pusat maupun daerah yang kami siapkan di tanggal 13 Juli 2020," ujarnya pada sebuah akun Youtubeyang diunggahnya pada Kamis, (14/5/2020).

Nahdiana mengatakan pihaknya telah menyusun tiga skema belajar di sekolah yang akan diterapkan nanti. Pertama, hanya sebagian sekolah yang dibuka dengan semua siswa belajar di sekolah.

Kedua, hanya sebagian sekolah yang dibuka dengan sebagian siswa belajar di sekolah. "Ketiga, semua sekolah dibuka dengan sebagian siswa belajar di rumah," ucapnya.

Ia memastikan pembukaan sekolah memperhatikan kesiapan sekolah dan guru. Selain itu, dengan dasar pertimbangan lingkungan di sekitar sekolah. "Apakah itu sudah aman, baik internal dan lingkungan sekitarnya apakah masih berada di zona merah, dan lain-lain," ujarnya.
 
Tak kalah penting, kata dia, adalah memastikan kesiapan sanitasi di sekolah. Mulai dari alat pelindung diri masing-masing, sampai penerapan protokol kesehatan. "Termasuk sterilisasi ruangan dan pengaturan ruang pembelajaran," kata Nahdiana.
 
Menurut dia, guru juga harus sudah dinyatakan sehat dan lingkungan tempat tinggal sudah dinyatakan aman untuk kembali bersekolah. Yang juga menjadi perhatian juga lanjutnya adalah kesehatan siswa dan orang tua. (rnl)

 

Loading...

Artikel Terkait