Nasional

Pemenang Lelang Motor Gesits Jokowi Rp2,55 Miliar Ditangkap Polda Jambi, Ada Apa?

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 21/05/2020 13:45 WIB

Muhammad Nuh, pemenang lelang motor Gesits Jokowi ditangkap Polda Jambi (Foto:Ist)

Jambi, INDONEWS.ID - Lelang motor listrik `Gesits" milik presiden dalam acara konser amal BPIP dalam rangka mengumpulkan dana untuk covid-19 berujung mengecewakan. Pasalnya, lelang yang mengalahkan tokoh PDIP Maruar Sirait itu justru dimenangkan oleh seorang warga Jambi yang merupakan seorang buruh harian lepas dan bukan pengusaha.

Muhammad Nuh atau M.Nuh, pria asal Jambi yang kini tengah membuat publik penasaran setelah dirinya membeli motor listrik Jokowi seharga Rp 2.550 miliar dikabarkan tengah diperiksa aparat kepolisian Polda Jambi. Hal itu lantaran M. Nuh tak kunjung membayar motor yang dimenangkannya.

Foto dan KTP yang bersangkutan juga beredar luas di aplikasi pesan singkat whatsApp warga Jambi.  M.Nuh memiliki nama lengkap Muhammad Nuh. Ia merupakan warga RT/RW 020/000, Desa Sungai Asam, Kecamatan Pasar Jambi, Provinsi Jambi.

Berdasarkan informasi yang tertera pada KTP yang beredar, M. Nuh lahir di Jambi pada 19 Maret 1974, beragama Islam dan sudah beristri. Dalam kartu tanda penduduk yang bersangkutan, tertera status pekerjaannya yakni berprofesi sebagai Buruh Harian Lepas (BLH).

Hingga berita ini diturunkan, pihak Polres maupun Polda Jambi belum berhasil dikonfirmasi.

 

Sebelumnya, motor listrik dengan bubuhan tandatangan Presiden Joko Widodo atau Jokowi dilelang dalam konser virtual "Berbagi Kasih Bersama Bimbo" pada Minggu, 17 Mei 2020.

Motor buatan dalam negeri merek Gesits itu terjual dengan harga fantastis untuk sebuah sepeda motor yakni Rp 2,55 miliar.

“Jadi pemenang lelang adalah pengusaha dari Jambi bernama M. Nuh,” ujar pembawa acara di konser dan lelang itu, Choky Sitohang.

Sepeda motor tenaga baterai Gesits dipromosikan bisa menempuh jarak 70 kilometer dalam sekali pengisian baterai selama sekitar 3 jam.

Selain motor bertanda tangan Jokowi, lukisan karya Iwan Suhaya berjudul "Menembus Dimensi" juga dilelang dalam konser ini. Lukisan tersebut dibeli oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo seharga Rp 150 juta.

Konser Bimbo diprakarsai MPR RI bekerja sama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Acara disiarkan secara langsung dari studio TVRI pukul 19.30-22.00 WIB dengan dimeriahkan sejumlah artis secara virtual.

"Dalam konser virtual ini, kami galang donasi dari presiden dan pejabat lainnya serta masyarakat sebagai bentuk gotong royong untuk para seniman dan para pekerja seni, para petani, dan para peternak serta kelompok-kelompok masyarakat lainnya yang terdampak pandemi Covid-19," ujar Bambang Soesatyo lewat keterangan tertulisnya.*(Rikard Djegadut).

Artikel Terkait