Daerah

IKAPTK Luak Nan Tuo Tanah Datar Berikan Paket Sembako kepada Petugas Kebersihan Kota Batusangkar

Oleh : luska - Sabtu, 23/05/2020 17:01 WIB

Ketua IKAPTK Luak Nan Tuo Tanah Datar Drs Altri Suandi menyerahkan paket sembako petugas kebersihan di Batusangkar (Foto M.datuk)

Tanahdatar, INDONEWD.ID -- Ikatan Keluarga Alumni Perguruan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Luak Nan Tuo Tanah Datar berikan sebanyak 114 paket sembako kepada petugas kebersihan dalam Kota Batusangkar.

Pembagian paket sembako tersebut langsung diserahkan Ketua Ikatan Keluarga Alumni Perguruan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Luak Nan Tuo Tanah Datar Drs Altri Suandi  dan juga dihadiri oleh Kepala Dinas Permukiman dan Lingkungan Hidup Tanah Datar Ir. Dessy Trikorina dan Pengurus IKDPTK serta para alumni. Yang dilaksanakan di Kantor Inspesktorat Tanahdatar.

Ketua Ikatan Keluarga Alumni Perguruan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Luak Nan Tuo Tanah Datar Drs Altri Suandi  menyebutkan bantuan yang diberikan kepada petugas kebersihan tersebut karena kita sangat merasakan sekali kebutuhan mereka saat ini apalagi Dampak ekonomi akibat pandemi virus corona (Covid-19) sangat dirasakan masyarakat luas. 

Pandemi corona virus ini juga berpengaruh terhadap kesehatan, hubungan sosial masyarakat, sampai kegiatan keagamaan juga terganggu. Dengan adanya kebijakan pemerintah untuk bagaimana masyarakat agar terhindar dari virus corona ini seperti kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seluruh komponen masyarakat ikut merasakan dampaknya, seperti pedagang, ojek maupun komponen masyarakat lainnya.

Dalam kaitan itulah IKAPTK sebagai organisasi alumni APDN, STPDN dan IPDN yang berada di wilayah Tanah Datar, tergerak dengan melihat kondisi saat ini, maka dengan inisiasi bersama melakukan bakti sosial bagi petugas kebersihan kota Batusangkar dan sekitarnya dengan membagikan paket sembako sebanyak 114 paket.

 "Melihat kondisi saat ini akibat musibah covid-19 yang berdampak sangat luas, maka kami ingin berbagi sedikit untuk meringankan beban para petugas kebersihan (pasukan orange) dan ini merupakan donasi dari para alumni yang dikumpulkan bersama, ujar Altri yang juga Kepala Inspektorat Kabupaten tanahdatar.

Disamping itu kita. ikut berdonasi Alumni SMAN 3 Batusangkar angkatan ke-5 berupa masker sebanyak 600 buah yang turut dibagikan satu paket dengan sembako tersebut. "Paket sembako yang kita bagikan ini kepada petugas kebersihan, mengingat petugas kebersihan sebagai pahlawan kebersihan berperan penting menjaga lingkungan tetap bersih dan tanpa kenal lelah bertugas menjaga kebersihan Kota Batusangkar tambah," 

Sedangkan Kepala Dinas Permukiman dan Lingkungan Hidup Tanah Datar Ir. Dessy Trikorina secara terpisah menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Ikatan Keluarga Alumni Perguruan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Luak Nan Tuo Tanah Datar yang ikut memberikan kepeduliannya kepada petugas kebersihan kita apalagi ditengah pandemic ini mereka merasa sangat membutuhkan dan bagi yang memberikan bantuan ini menjadi ladang amal baginya.(M.Datuk)
Tanahdatar,padek--- Tim gugustugas penanganan Covid-19 Kabupaten Tanah Datar yang terdiri dari Anggota TNI, Polri, Sat Pol PP, Kominfo dan Humas,  terus melakukan patroli gabungan di wilayah kecamatan di Kabupaten tanahdatar dan memberikan edukasi kepada masyarakat

Upaya itu dilakukan ujar Kasat Satpol PP Yusnen untuk memberikan edukasi dan melakukan pembubaran masyarakat yang masih berkerumun di luar rumah pada malam hari tanpa kepentingan yang jelas selama masa PSBB diberlakukan dengan mendatangi. tempat-tempat tersebut masih banyak masyarakat yang berkumpul-kumpul dan tidak menggunakan masker seperti di kedai-kedai.

Mendapati kondisi seperti ini tim langsung membubarkan dan memberikan pengarahan agar hal ini tidak diulang lagi, serta meminta dengan segera kepada masyarakat yang masih berada di luar untuk segera pulang ke rumah masing-masing.

Tim juga meminta secara khusus kepada pedagang makanan untuk hanya melayani pembeli yang membungkus makanan dan tidak melayani pembeli yang makan di tempat. Hal ini dimaksudkan agar mengurangi aktifitas masyarakat di luar rumah. untuk mengedukasi masyarakat serta memberikan peringatan kepada masyarakat yang masih melanggar .dan apabila harus keluar rumah agar masyarakat menggunakan masker," 

Kemudian mengantispasi penyebaran Virus Corona berbagai upaya terus dilakukan bersama Dinas  Perhubungan (Dishub) Tanah Datar dengan  memeriksa sopir dan seluruh penumpang semua kendaraan yang masuk ke Kabupaten Tanahdatar.

Pemeriksaaan itu dilakukan ditujuh posko lokasi menuju wilayah Kabupaten tanahdatar masing masing ditujuh posko pemeriksaan masing masing Posko JTO Kubu Kerambi Kecamatan batipuh, Posko Ombilin Kecamatan Rambatan, Posko Koto alam Kecamatan Padang Ganting,Posko Setangkai Kecamatan Lintau Buo, Posko Tanjung Modang Kecamatan Lintau Buo Utara, posko Barulak dan Posko Alai  Kecamatan Tanjung Baru.

Alhamdulilah kegiatan yang kita lakukan tersebut berjalan lancar dan masyarakat menyambut positive apa yang kita lakukan dan itu terbukti waktu pengecekan yang kita lakukan baik terhadap sopir dan penumpang baik angkutan umum dan kendaraan pribadi  Disambut oleh masyarakat dengan positive dan merekapun rela antri saat pemeriksaan dan pengecekan tubuh suhu penumpang. Dan kita juga minta kepada petugas jika menemukan ada suhu penumpang atau sopir dan kendaraan pribadi laim suhunyua diatas 38 kita minta yang bersangkutan untuk memerikasa keseharannya dipuskesmas terdekat.

Kemudian kita juga mengimbau kepada masyarakat pengguna angkutan umum karena kendaraan umum  merupakan salah satu lokasi yang bisa menjadi potensial tersebarnya epidemi virus corona atau Covid-19 karena itu salah upaya kita , meminta  penyedia jasa transportasi umum, untuk melakukan pembersihan terhadap unit kendaraan operasional. secara intensif dan berkala kendaraan umum, dan harus dibersihkan secara rutin tiap hari,

"  jika ada penumpang kendaraan umum yang sedang batuk atau filek, pengemudi diimbau untuk selalu membawa masker dan selalu membawa cairan anti septik, bersama kita cegah virus corona dengan sering cuci tangan dengan sabun atau handsanitizer,menggunakan sarung tangan jika diperlukan,gunakan tisu untuk mengelap atau menyentuh wajah dan  kita juga minta kepada seluruh penumpang baik angkutan umum dan pribadi dan kendaraan roda dua untuk memgunakan masker jika keluar rumah dan juga menyarankan jika tidak ada hal yang mendesak sebaiknya kita ikuti kebijaksanaan pemerintah untuk dirumah saja kecuali hal yang medesak kita harus meninggalkan rumah (M.Datuk)

Loading...

Artikel Terkait