Nasional

Bos BRI: Lebih Produktif Kerja dari Rumah daripada di Kantor

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 04/06/2020 22:01 WIB

Direktur Utama BRI, Sunarso (Foto: ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia Sunarso mengungkapan bekerja dari rumah atau Work From Home lebih produktif dibandingkan kerja di kantor.

Hal itu Sunarso katakan merespon kebijakan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diperpanjang di sejumlah daerah seperti DKI Jakarta. Sunarso menegaskan perusahannya telah beradaptasi untuk menjaga produktivitas sejak masa awal pemberlakuan fase kerja di rumah atau work from home (WFH).

"Saya malah bertanya, jangan-jangan kerja di rumah saja produktif. Wong kerja di kantor sama kerja di rumah juga sama saja hasilnya, bahkan lebih produktif kerja dari rumah," ujar Sunarso, dalam sesi teleconference, Kamis (4/6).

Berdasarkan pengalaman tersebut, Sunarso mengutarakan, produktivitas merupakan nilai tertinggi dalam mengukur kinerja suatu perusahaan di tengah pandemi ini.

"Jadi siapa yang paling produktif, paling tinggi produktivitasnya, tidak peduli mau kerja di mana dengan cara apa, itu tetap yang akan dinilai tinggi," sebut dia.

Menurut dia, WFH atau bekerja di kantor (Work From Office/WFO) tak bisa dijadikan patokan untuk mengukur apakah sebuah perusahaan telah bekerja secara optimal.

"Optimal adalah siapa yang paling produktif, paling efisien, dan paling create value baru itu yang paling optimal nanti. Saya tidak bisa mengatakan kerja di rumah atau kerja di kantor lebih baik. Tapi inilah proses kita," tutur dia.*(Rikard Djegadut).

Artikel Terkait