Daerah

Kebun Binatang Bandung Buka Kembali, Terapkan Protokol Kesehatan

Oleh : Ronald - Sabtu, 27/06/2020 19:55 WIB

Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoological Garden (Bazoga), Kota Bandung, Jawa Barat. (Foto : Ist)

Bandung, INDONEWS.ID - Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoological Garden (Bazoga), Kota Bandung, Jawa Barat, hari ini, Sabtu, (27/6/2020) sudah kembali kembali beroperasi. Selama adaptasi kebiasaan baru (AKB), Bazoga bisa menerima kunjungan wisatawan dengan disertai protokol kesehatan pencegahan virus korona.

"Alhamdulillah sekarang kita bisa beroperasi kembali, beberapa hal sudah kami persiapkan di pintu masuk seperti portir, sekuriti dan juga penjaga loket yang menggunakan masker, sarung tangan, serta face shield," kata Humas Bazoga, Sulhan Syafi`i, Jumat, (26/6/2020).

Namun meski telah dibuka hingga siang hari, tercatat hanya ada sekitar 175 pengunjung yang datang ke destinasi wisata itu.

"Sampai siang pukul 12.00 WIB itu masih sepi, tidak seperti hari-hari di akhir pekan biasanya, kondisinya ini termasuk sepi," kata Sulhan.

Biasanya, kata dia, pada akhir pekan Bazoga bisa menerima hingga lebih dari 6.000 pengunjung dalam satu hari. Namun kini di loket masuk pun tidak terjadi antrean pengunjung.

Ia menjelaskan pengelola Bazoga tetap mematok harga tiket masuk sebesar Rp40.000 per orang. Namun, masih ada sejumlah fasilitas yang ditutup karena pertimbangan kesehatan. Salah satunya area makan pengunjung.

Selama fase AKB, Sulhan mengatakan Bazoga hanya membuka satu pintu masuk yang berada di paling utara. Lalu, kata dia, jumlah pengunjung akan dibatasi apabila sudah melebihi 30 persen dari kapasitas.

"Kalau yang kira-kira kurang sehat, jangan datang. Yang KTP-nya non Jawa Barat kita tak perbolehkan masuk, permainan juga kita tutup, satwa tunggang kita tutup, hanya unta tunggang yang kita buka," katanya.

Sulhan pun mengimbau kepada setiap pengunjung tetap menerapkan protokol kesehatan. Seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan selalu membersihkan tangan minimal dengan hand sanitizer.
 
"Kami berharap masyarakat kembali bisa menikmati satwa-satwa yang ada di kebun binatang. Mereka bisa datang dan melihat kembali atraksi satwa atau animal show yang biasa dilaksanakan setiap hari," pungkasnya. (rnl)

 

Loading...

Artikel Terkait