Nasional

Tujuh Kiat Sukses Bersekolah dengan Pembelajaran Daring di Tengah Covid-19

Oleh : Mancik - Minggu, 05/07/2020 14:30 WIB

Tim Komunikasi Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19, Dokter Reisa Broto Asmoro.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pendidikan menjadi salah satu sektor yang mengalami dampak langsung akibat pandemi Covid-19 di Indonesia. Karena wabah corona, pemerintah memutuskan untuk meniadakan belajar tatap muka diganti dengan belajar daring atau online.

Pemerintah melalui gugus tugas nasional, menyampaikan beberapa tips dalam rangka mendukung dan menyukseskan proses kegiatan belajar mengajar secara daring dari rumah. Beberapa tips ini penting karena tidak semua wilayah dapat dijangkau dengan fasilitas pendukung belajar online.

"Siswa dan guru harus bergembira. Jangan stres. Pastikan, semuanya sudah paham dengan cara mengoperasikan alat teknologi," kata Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional dr. Reisa Broto Asmoro di Graha BNPB,Jakarta, Sabtu,(4/07/2020)kemarin.

Dokter Reisa mendorong adanya upaya kreatif dalam proses belajar secara daring. Antara lain dengan membagi siswa dalam beberapa kelompok kecil.

Keberadaan kelompok bejalar semakin mempermudah proses kontrol dari seorang pendidik. Dengan demikian, proses belajar juga dapat berjalan dengan baik.

"Bagi kelas menjadi kelompok belajar yang kecil, diskusi, kerja kelompok dan akan membuat waktu belajarnya akan lebih efektif," ungkapnya.

Untuk menghidupkan suasana yang baik dalam proses belajar, jelas Reisa, perlu adanya kolaborasi. Kegiatan-kegiatan lomba perlu dilaksanakan agar siswa tidak merasa jenuh.

"Guru dan murid sepakat mengerjakan tugas kelompok, dan menciptakan suatu tantangan atau lomba yang memerlukan kolaborasi," jelasnya.

Adapun tips keempat yakni alokasikan waktu bagi murid-murid yang tertinggal atau kurang dapat memahami sesi pembelajaran. Pastikan semua murid sudah hampir sama pemahaman terhadap subjek yang diajarkan.

Sementara itu, tips kelima yakni fokus dan kuatkan pada subjek pelajaran yang dapat ikut membantu kemampuan para murid, untuk bisa sukses di pelajaran manapun. Seperti, bahasa dan sains.

Keenam, amati, tiru, modifikasi, dan lihat cara guru lain belajar, dan yang pastinya yang bagus itu yang menjadi contoh.

"Tanya tips dan triknya. Lalu adopsi di kelas masing-masing. Begitu juga dengan para murid, tanyakan bagaimana teman bisa mengikuti pembelajaran dengan baik, meski melalui online," tutupnya.*

 

Artikel Terkait