Nasional

Pilot Terlibat Narkoba, Garuda: Kita Akan Dipecat, Tak Ada Toleransi!

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 11/07/2020 22:01 WIB

Foto Garuda Indonesia (Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menegaskan Garuda tak segan-segan memecat para pilot maskapai yang terbukti terlibat kasus narkoba. 

Demikian dikatakan Irfan menyusul adanya penangkapan beberapa pilot oleh polisi terkait penyalahgunaan sabu. Polisi mengatakan dua di antaranya merupakan pilot di maskapai pelat merah. 

"Perlu kiranya kami sampaikan pula bahwa Garuda Indonesia tidak memberikan toleransi terhadap karyawan yang terbukti melakukan penyalahgunaan narkotika dan akan menerapkan sanksi tegas, berupa pemutusan hubungan kerja," kata Irfan dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (11/7/2020).

Irfan menyatakan, pihak Garuda Indonesia saat ini tengah menelusuri lebih lanjut terkait oknum pilot yang terlibat kasus narkoba itu.

"Sehubungan dengan informasi yang menyebutkan adanya oknum pilot yang diamankan aparat kepolisian terkait kasus narkoba, dapat kami sampaikan bahwa saat ini kami turut melakukan penelusuran lebih lanjut atas hal tersebut," imbuhnya.

Lebih lanjut, Irfan mengatakan Garuda Indonesia rutin melakukan pemeriksaan narkoba terhadap seluruh pegawai. Ini dilakukan untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan para pengguna jasa Garuda Indonesia.

"Secara berkala Garuda Indonesia juga melakukan pemeriksaan narkoba kepada seluruh pegawai, sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika di lingkungan kerja sekaligus untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan para pengguna jasa Garuda Indonesia," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Polres Metro Jakarta Selatan menangkap tiga orang pilot terkait penyalahgunaan narkoba. Dari tiga orang pilot itu, dua di antaranya adalah pilot dari maskapai penerbangan berpelat merah.*(Rikard Djegadut)

Artikel Terkait