Nasional

Pakai Face Shield Cegah COvid-19, Perlindungan Tidak Maksimal

Oleh : Marsi Edon - Minggu, 12/07/2020 19:36 WIB

Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19, Achmad Yurianto.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah dalam rangka mencegah penularan Covid-19. Salah satunya, memberikan saran kepada masyarakat menggunakan face shield atau pelindung wajah.

Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto menerangkan, penggunaan face shield sebagai antisipasi penularan virus corona sangat tidak maksimal. Bagi mereka yang mengenakan pelindung wajah, diminta tetap memakai masker.

"Menggunakan face shield saja tanpa masker, tidak akan memberikan perlindungan yang maksimal," kata Yurianto dalam kepada media di Grahan BNPB, Jakarta, Minggu,(12/07/2020)

Penggunaan pelindung wajah jelas, Yurianto, hanya mampu menahan droplets yang berukuran besar. Namun, partikel micro droplet, tetap dapat masuk melalui hidung atau mulut.

Karena itu, ia meminta kepada masyarakat agar tetap menggunakan masker. Dengan demikian, perlindungan maksimal mencegah virus tetap berjalan.

"Micro droplet ini, ukurannya lebih kecil dan bisa berada di udara untuk waktu yang relatif lama," tegas Yurianto.

Lebih lanjut ia menjelaskan, upaya melindungi diri dari serangan virus corona dapat dilakukan dengan pencegahan dini. Masyarakat tidak dapat mengandalkan pelindung wajah karena masih dapat ditembusi oleh virus ukuran besar.

Masyarakat disarankan untuk tetap mengenakan masker, apabila sedang berada di luar rumah atau di kerumuman banyak orang. Masker dinilai dapat mencegah masukknya virus ukuran kecil maupun besar, baik melalui mulut maupun hidung.

"Kita tidak boleh mengandalkan hanya menggunakan face shield saja. Gunakan masker. Ini yang penting, dan gunakan masker apapun," tutupnya.*

 

Loading...

Artikel Terkait