Nasional

Pemerintah Sampaikan Tiga Langkah Jitu Bagi Daerah Menuju Zona Hijau Covid-19

Oleh : Marsi Edon - Senin, 13/07/2020 21:30 WIB

Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Gugus Tugas Nasional, dr. Reisa Broto Asmoro.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Penularan Covid-19 di Indonesia, belum ada tanda-tanda untuk berakhir. Beberapa daerah masih menujukkan pola peningkatan kasus positif setiap hari.

Kerja keras dan kepatuhan mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah, menjadi kunci menekan laju penularan Covid-19 dari satu orang ke orang lain. Setiap individu merupakan agen mencegah penyebaran wabah di tengah masyarakat.

"Aktivitas masyarakat harus ditingkatkan dengan protokol kesehatan yang ketat, ini yang kita sebut sebagai adaptasi kebiasaan baru," jelas Duta Adaptasi Kebiasaan Baru Gugus Tugas Nasional Dokter Reisa Broto Asmoro kepada media di Graha BNPB, Jakarta, Senin,(13/07/2020)

Hingga saat ini, ada daerah telah berstatus aman atau masuk zona hijau Covid-19. Namun, masih ada daerah dengan belum atau masih zona merah Covid-19, karena kasus positif tinggi.

Kepada daerah dengan status zona merah, Reisa menegaskan, perlu ada upaya konkret untuk keluar dari zona tidak aman tersebut. Masyarakat dan pemerintah perlu kerja sama yang baik sehingga daerah kembali aman dari Covid-19.

"kerja keras dan pengawasan ketat oleh Gugus Tugas Daerah dan seluruh pimpinan daerah," kata Reisa.

Selain pengawasan, lanjut Reisa, kedisplinan juga menjadi point penting dalam pencegahan penularan virus corona. Masyarakat perlu patuh terhadap seluruh aturan dari pemerintah berkaitan dengan penanganan virus corona.

"Kedisiplinan dan kepatuhan seluruh anggota masyarakat. Peraturan yang telah ditetapkan dapat berhasil menekan potensi penularan COVID-19 pada suatu daerah jika didukung dengan kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan," tegas Reisa.

Dokter Reisa menambahkan, bagi daerah yang berada di zona kuning (risiko rendah), zona orange (risiko sedang) dan zona merah (risiko tinggi), masih harus membatasi beragam aktivitas karena dapat memicu penularan COVID-19.

Kerja sama antara pemerintah daerah serta seluruh elemen masyarakat sangat dibutuhkan untuk melahirkan semangat dalam mencapai keberhasilan suatu daerah dapat menjadi zona hijau. Dengan demikian, beragam aktivitas sosial maupun ekonomi dapat kembali berjalan dengan produktif dan tetap aman Covid-19.*

 

Loading...

Artikel Terkait