Daerah

TMMD 108 Berhasil Buka Jalan Sepanjang 2,8 KM di Nagari Panyalaian

Oleh : luska - Kamis, 30/07/2020 07:40 WIB

Tanahdatar, INDONEWS.ID - Kasrem 032 oleh Kasrem 032 Wirabraja Kolonel Inf. Amrizen tutup  kegiatan  TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD yang telah berlangsung selama satu bulan di Nagari Nagari Panyalaian Kecamatan X Koto

Penutupan itu ditandai dengan pemukulan Gong diGazebo Gedung Indo Jolito Batusangkar dan kemudian dilanjutkan dengan peninjauan lapangan ke Lokasi TMMD/N di Nagari Panyalaian Plh. Sekda Edi Susanto, Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen, Kepala Dinas PMDPPKB Nofenril, beberapa pejabat daerah, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Sebelumnya  Dandim 0307 Tanah Datar Edi S. Harahap menyampaikan harapan kepada masyarakat agar memanfaatkan jalan yang baru dibangun tersebut dengan sebaik-baiknya, sehingga manfaatnya betul-betul dirasakan.

"Kita juga berharap kepada pemerintah daerah agar jalan ini ke depannya dapat ditingkatkan sehingga lebih baik lagi, baik dirabat beton ataupun diaspal, dari segi ekonomi dengan dibukanya jalan ini dapat mengurangi biaya produksi dan biaya angkut hasil pertanian," ucap Dandim.

Sedangkan   kendala selama pengerjaan ujar Dandim , karena kontur tanah bervariasi seperti rawa, bukit dan areal persawahan serta banyaknya saluran irigasi sehingga banyak juga pemasangan gorong-gorong, semula direncanakan 4 gorong-gorong menjadi 17, selain itu hujan juga menjadi kendala.

Dengan dibukanya jalan baru lebar 6 meter yang ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kasrem itu, jalan tersebut sudah bisa dimanfaatkan masyarakat.

Sementara  Kasrem Amrizen menyampaikan dengan dibukanya  jalan  baru tersebut sangat bermanfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat, karena sangat memudahkan mobilisasi hasil-hasil pertanian masyarakat. 

"Jalan ini dibuka sangat strategis, sehingga sangat menguntungkan bagi masyarakat, dapat meningkatkan perekonomian dan memudahkan transportasi, selain itu kemanunggalan TNI dengan masyarakat akan dapat menciptakan persatuan dan kesatuan bangsa," ucapnya. 

Kasrem juga memuji dan memberi apresiasi atas dukungan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar serta masyarakat Nagari Panyalaian yang memiliki antusias cukup tinggi ikut berbaur bersama TNI wilayah Kodim 0307 Tanah Datar dibantu Batalyon 131 Payakumbuh melaksanakan giat TMMD ke-108 itu.  

Kita berharap kepada pemerintah daerah, usai TNI buka jalan baru ini ke depan agar dapat ditingkatkan untuk pengerasan maupun diaspal, sehingga pemanfaatannya lebih maksimal dan masyarakat pemanfaat juga merasa nyaman (M.Datuk).

Artikel Terkait