Nasional

Menag Minta Masyarakat Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan Saat Idul Adha

Oleh : Ronald - Kamis, 30/07/2020 14:01 WIB

Menteri Agama Fachrul Razi (Foto : istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Menteri Agama Fachrul Razi mengingatkan masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan saat hari raya Idul Adha, Jumat (31/7).

Saat menyampaikan keterangan pers di Jakarta, kamis (30/7/2020), Menag antara lain beralasan bahwa pentingnya disiplin menjalankan protokol kesehatan karena kasus positif virus corona atau Covid-19 masih terus meningkat setiap harinya.

Bahka, Hingga Rabu (29/7), kasus positif virus corona mengalami lonjakan sebanyak 2.381 orang. Kenaikan kasus baru tersebut merupakan kedua tertinggi usai 9 Juli lalu yakni 2.657 orang. Dengan tambahan ini, maka sejak Maret 2020 sudah ada 104.432 orang yang terinfeksi Covid-19.

"Setiap hari masih cukup banyak saudara kita yang dikonfirmasi positif Covid-19, meski saat ini sudah sedikit lebih baik dibanding saat Idul Fitri akhir Mei lalu," kata Fachrul di Gedung BNPB, Jakarta, Kamis (30/7).

Ia mengingatkan, agar tempat yang akan digunakan untuk salat Idul Adha harus benar-benar dipastikan aman dari virus corona. Protokol yang harus dijalankan antara lain, membatasi pintu atau jalan masuk ke masjid agar mudah melakukan pengecekan suhu tubuh jemaah.

"Pastikan aman Covid-19, batasi pintu keluar masuk untuk pengecekan suhu jamaah, bawa alat salat masing-masing, gunakan masker, jaga jarak, tidak salaman atau pelukan, khutbah singkat tanpa mengurangi syarat dan rukunnya," ujar Menag.

Selain itu, Fachrul pun meminta pengumpulan infak di masjid tanpa bersentuhan dengan kotak sumbangan yang berpotensi menjadi sarana penularan virus corona penyebab Covid-19 seperti kotak amal.

Dengan menerapkan protokol kesehatan tersebut, Fachrul meyakini masyarakat dapat merayakan Idul Adha dengan baik, khidmat, dan aman dari corona.

Ia pun berharap Idul Adha kali ini bisa menjadi momentum yang mengantarkan masyarakat menjadi pribadi saleh dan rela berkorban untuk hal yang lebih baik dan mulia.

"Mari kita berdoa kepada Allah SWT, semoga wabah Covid-19 ini segera berakhir dan hilang dari negara Indonesia dan seluruh belahan dunia," pungkasnya. (rnl)

Artikel Terkait