Daerah

Ketum TP-PKK Ajak Komunitas Masyarakat Sosialisasikan Gerakan Menggunakan Masker

Oleh : Marsi Edon - Jum'at, 07/08/2020 22:01 WIB

Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK),Tri Tito Karnavian.(Foto:Istimewa)

Malang, INDONEWS.ID - Sebagai salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat terbesar di Indonesia, Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Tri Tito Karnavian mengajak komunitas dan masyarakat untuk satu solidaritas mensosialisasikan gerakan sejuta masker.

Gerakan ini dimaksud untuk melakukan pencegahan dan penanganan wabah virus corona di tengah masyarakat.Dalam pelaksanaannya, dibutuhkan kerja sama seluruh komponen masyarakat sehingga terlibat dalam dalam gerakan yang sama.

"Kami harapkan tim penggerak PKK nanti juga mengikut sertakan komunitas ataupun potensi-potensi di daerahnya yang bisa membantu pembagian masker ini. Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak mendagri juga jajaran, juga Ibu Gubernur, Pak Bupati, Ibu Walikota dan jajaran yang sudah mempercayakan dan membagikan masker ini door-to-door,” kata Tri Tito Karnavian di Pendopo Agung, Kabupaten Malang, Jumat (7/08/2020).

Pada kesempatan yang sama, Ketum TP-PKK berterima kasih kepada Presiden Joko Widodo kepada TP-PKK sebagai bentuk kepercayaan eksistensi lembaga tersebut.Ia mengakui sangat dipermudah juga saat melaksanakan tugas lantaran tantangan sejuta masker yang sebelumnya telah digaungkan oleh Mendagri Muhammad Tito Karnavian.

"Ini adalah tindak lanjut dari perintah Bapak Presiden bahwa Ibu-Ibu Tim Penggerak PKK harus ikut serta berperan membagikan masker door to door. kebetulan perintah tersebut kita dimudahkan dengan adanya gerakan sejuta masker tiap-tiap daerah yang dicanangkan oleh Bapak Mendagri kemarin,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengakui TP-PKK tahun ini akan memperingati 48 Tahun berdirinya TP-PKK, sehingga untuk melaksanakan program-program bidang sosial, terutama dalam menekan penyebaran covid-19 sampai ke pedesaan adalah pilihan yang tepat.

"Lembaga Swadaya Masyarakat ini sudah sangat berpengalaman bergerak di bidang sosial khususnya sampai ke pedesaan, karena itu PBB sendiri sudah memberikan penghargaan kepada organisasi Tim Penggerak PKK ini dimana diakui sebagai LSM terbesar di dunia yang mempunya network sampai ke desa-desa,” terangnya.

Oleh sebab itu, Ketum TP-PKK optimis dan berharap dapat membantu pemerintah untuk mengatasi dan menekan lajunya penularan covid-19 di tanah air melalui edukasi protokol kesehatan yang benar dan pembagian masker khususnya bagi masyarakat kurang mampu.

"Bagaimana kita selalu memakai masker yang benar, bukan hanya memakai masker, karena banyak sekali style gaya orang. Masing-masing memakai masker yang kadang tidak sesuai dengan aturan. Mudah-mudahan tim penggerak PKK nanti yang bergerak di lapangan benar-benar mengetahui bagaimana memakai masker yang benar. Selain itu juga selalu menjaga jarak dan sering-sering mencuci tangan," tutupnya.*

 

Loading...

Artikel Terkait