Pilkada 2020

Dapat Restu Megawati, Yohanes Rumpak: Mari Menangkan Mandau Mengkilat

Oleh : Marsi Edon - Selasa, 11/08/2020 16:30 WIB

DPP PDI Perjuangan memberikan rekomendasi kepada Yohanes Rumpak sebagai Calon Bupati pada Pilkada Sintang tahun 2020.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri telah mengumumkan Paslon Gelombang III untuk Pilkada Serentak 2020 pada Selasa, 11 Agustus 2020. Pengumuman ini digelar melalui telekonferensi.

Menurut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto melalui keterangan tertulis yang diterima Minggu (9/8), ada 75 calon kepala daerah yang akan diumumkan pada 11 Agustus. Ini disesuaikan dengan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang tahun ini menginjak usia 75 tahun.

"Karena jumlah paslon yang diumumkan pun mengambil angka simbolik 75, setelah pengumuman sebelumnya mengambil angka simbolik 45," ungkap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Hasto menambahkan, pengumuman ini sesuai amanat Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Hasil pengumuman yang dibacakan melalui telekonferensi tersebut salah satunya Pilkada Sintang, di mana yang mendapat rekomendasi resmi dari DPP PDI Perjuangan yakni Yohanes Rumpak dari PDI Perjuangan sebagai Calon Bupati Sintang, berpasangan dengan Syarifuddin dari Partai Amanat Nasional sebagai Calon Wakil Bupati Sintang.

Yohanes Rumpak yang resmi mendapat rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan partai kepadanya.

"Saya mengucapkan terima kasih banyak atas kepercayaan yang diberikan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Megawati Soekarnoputri, Pak Sekjen Hasto Kristiyanto, kepada Pak Lasarus selaku ketua DPD PDI Perjuangan Kalimantan Barat beserta jajaran DPD dan kepada seluruh jajaran DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sintang, atas keluarnya rekomendasi ini,” ungkap politisi PDI Perjuangan tersebut.

Menurutnya, ini merupakan kepercayaan besar yang harus dijaga. Karena merupakan tanggung jawab bersama bagian dari kaderisasi dan membesarkan partai, serta mampu menjawab harapan bersama masyarakat.

"Kepercayaan ini, akan kita gunakan untuk membangun rakyat jelata terutama rakyat pinggiran, akan saya gunakan untuk membangun harapan-harapan masyarakat yang belum terpenuhi,” kata Rumpak.

Calon Bupati Sintang, Yohanes Rumpak yang diusung oleh PDI Perjungan dan Calon Wakil Bupati Sintang, Syarifuddin, dari Partai Amanat Nasional.

Rumpak mengharapkan, dengan keluarnya rekomendasi ini, seluruh jajaran dan struktur-struktur organisasi PDI Perjuangan, para simpatisan, relawan, dan seluruh lapisan pendukung PDI Perjuangan di Kabupaten Sintang agar meningkatkan soliditas untuk merapatkan barisan dan memastikan bahwa pasangan Yohanes Rumpak dengan slogan Mandau Mengkilat ini dapat kita menangkan.

"Ini adalah harapan besar saya, pertarungan kita bersama, yang merupakan bagian dari menjaga harkat martabat dan harga diri kita untuk berjuang mendorong kemandirian kita, kedaulatan kita,” ungkapnya.

Politisi PDI Perjuangan tersebut juga menegaskan, dirinya bersama Syafruddin yang mengusung slogan Mandau Mengkilat, ke depannya akan mengayomi seluruh lapisan masyarakat, serta bekerja cepat, adil dan ikhlas untuk masyarakat terutama rakyat jelata.

"Kami ini berasal dari rakyat jelata, mengerti rakyat dan ini mestinya rakyat jelata berada di belakang kita untuk mendukung dan memenangkan kontestasi Pilkada Sintang,” tegas Rumpak.

Dalam Pilkada Sintang kali ini, ia mempertegas perlunya menunjukan keadaban politik dan demokrasi mengutamakan kepentingan umum, menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga roh demokrasi yang bermartabat mampu kita terjemahkan dalam kontestasi Pilkada di Sintang.

"Karena bagi saya, Pilkada merupakan pesta demokrasi, sehingga yang kita tunjukan adalah kerja-kerja yang mengedepankan wajah politik yang humanis.Jadi yang kita minta dan harapkan adalah kita sama-sama saling menjaga keamanan dan ketertiban agar Pilkada di Sintang berjalan aman dan damai,” katanya.

Dengan demikian, dirinya berharap dan berpesan kepada pendukung slogan Mandau Mengkilat agar mengutamakan keadaban politik dan kepentingan umum.

"Pesan saya kepada pendukung saya agar tidak perlu memproduksi isu yang menjelek-jelekan Paslon lain, atau jika nanti ada isu hoax yang diembus ke publik untuk menjelek-jelekan Yohanes Rumpak dan Syariffudin, hal ini tidak perlu terpancing dan ditanggapi secara berlebihan,” ucapnya.

Dalam Pilkada, lanjutnya, kita sangat memahami akan ada dinamika, akan ada gesekan, ada baik dan buruk. Tapi jika kita utamakan keadaban cara berpolitik kita, pesta demokrasi di Sintang akan berjalan aman dan damai.

Ketika ditanya apa yang perlu difokuskan oleh dirinya dan wakilnya Syafruddin dalam kontestasi Pilkada, Rumpak lebih memilih dan mengutamakan kerja-kerja politik yang menyentuh harapan besar masyarakat Sintang.

"Kita fokus kepada kerja-kerja politik kita yang cerdas untuk merebut hati rakyat, dengan cara yang elegan, berpegang teguh pada prinsip adat istiadat dan budaya kita. Kita harus betungkat ke adat basa, bepegai ke pengatur perkara mati, be pati idup, be pampas malu mua bekesupan,” Kata Rumpak dalam bahasa adat Dayak.


Sekali lagi, tambahnya, saya minta kepada seluruh tokoh masyarakat, tokoh pemuda, para wanita, buruh, nelayan petani-peladang dan seluruh lapisan masarakat untuk sekiranya kita bergabung dan bergerak bersama memenangkan harapan dalam bingkai Mandau Mengkilat.

"Hal ini untuk memastikan harapan besar kita yakni kesejahteraan dan kemandirian kita bisa terwujud. Kedaulatan ada di tangan kita masing-masing sehingga yang diutamakan adalah kecerdasan dalam menentukan dan memilih pemimpin masa depan. Yang layak dan tidak,” tutur Rumpak.

Dirinya pun menilai dan percaya bahwa rakyat Sintang sangat cerdas memilih pemimpin yang berhati rakyat, pemimpin yang mendarah daging bersama rakyat, menjadi mata dan telinga rakyat.

"Sehingga kami yakin bahwa pemilih kita berada di kisaran 60,09%. Ini pemetaan suara dari partai yang berkoalisi dalam gerakan Mandau Mengkilat," tutupnya.*

Loading...

Artikel Terkait