Gaya Hidup

Pianis dan penulis lagu Christabel Annora Merilis Kaset

Oleh : luska - Jum'at, 14/08/2020 14:30 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Mini album Christabel Annora bertajuk Sudut Kamar dirilis dalam format kaset dan menjadi katalog perdana dari unit label rekaman milik Rekam Jaya.  

Pada tanggal 15 Agustus 2020, unit label rekaman bentukan Rekam Jaya resmi merilis katalog pertamanya, yaitu mini album Sudut Kamar milik pianis/penulis lagu asal kota Malang, Christabel Annora. Album yang berisi enam lagu instrumental ini dirilis dalam format kaset, edisi terbatas hanya dicetak sejumlah 50 keping saja dengan hand-numbered. 

Kaset Sudut Kamar memang sengaja diproduksi secara eksklusif dan terbatas. Harapannya bisa menjadi collector’s item yang berharga bagi para penggemar karya musik Christabel Annora. Tercantum nomor seri pada sampul belakangnya sebagai penanda. Performa kasetnya pun menjadi semakin unik dan menarik karena dibungkus dengan kemasan box jadul ala kaset-kaset jazz lawas rilisan era ’80-an.      

Christabel Annora merupakan pianis, penulis lagu dan penyanyi asal kota Malang. Dia sempat tergabung bersama band Get Panic, juga pernah berkolaborasi dengan beberapa musisi seperti The Morning After, Folkapolka, Silampukau, Ajer, Payung Teduh, hingga Slank. Christabel Annora merilis debut album berjudul Talking Days pada tahun 2016. Karir bermusiknya tidak terhenti ketika dia musti melanjutkan studi di Edinburgh (Skotlandia) dan membawa pulang “oleh-oleh” berupa materi album Dari Jauh (2019). Produktivitasnya ternyata makin membara di tahun 2020 dengan merilis single “Perempuan-Perempuan” dan mini album Sudut Kamar. 

Sesuai dengan judul mini albumnya, semua komposisi lagu pada Sudut Kamar ini ditulis dan direkam sendirian oleh Christabel Annora di kamarnya pada masa karantina akibat pandemi Covid-19. Selepas materi rekamannya selesai, langsung memasuki proses mixing dan mastering oleh Bambang Iswanto di Nero Studio, Malang. Semuanya mereka kerjakan dalam tempo cepat dan sesingkat-singkatnya. 

Semua ilustrasi dan desain sampul kaset Sudut Kamar juga dikerjakan sendiri oleh Christabel Annora yang sehari-hari memang berprofesi sebagai dosen pengajar desain pada sebuah perguruan tinggi di Surabaya.

Mini album Sudut Kamar sejatinya sudah pernah dirilis dalam versi digital melalui platform Spotify dan Apple Music, pada Juni 2020, namun hanya memuat empat lagu: “Tirai Pembuka”, “Sudut Kamar”, “Selamat Pagi”, dan “Perempuan-Perempuan”. 

Sementara dalam versi kaset ini, empat lagu tersebut mendapat tambahan dua bonus track yang belum pernah dirilis sebelumnya. Bonus pertama, “Selfishness” yang digubah dalam komposisi instrumental, versi orisinilnya yang berlirik pernah termuat pada album Talking Days (2016). Bonus kedua adalah “Blues Dari Rumah”, tembang anyar bernuansa blues klasik yang digarap spesial untuk kaset Sudut Kamar. Christabel Annora juga menulis eksplanasi singkat soal latar belakang setiap lagunya pada buklet kecil di kaset ini. 
 
Secara keseluruhan, album Sudut Kamar memang lahir sebagai manifestasi pikiran dan jiwa Christabel Annora selama masa pandemi. Merekam perasaannya di masa karantina, Work From Home, berkarya di rumah, kolaborasi secara virtual, serta segala aktivitas harian yang terpaksa dijalani sendirian di kamarnya. Di setiap komposisinya bertabur liukan keresahan, kesedihan, dan kepasrahan yang dituangkan lewat denting piano. Secara harfiah, Sudut Kamar juga bisa menjadi simbol yang mewakili ruang personal Christabel Annora ketika merenung dan merefleksikan kehidupannya.

Sebagai materi instrumental, Christabel Annora tetap membebaskan para pendengarnya untuk  memberi makna dan nyawa pada setiap lagu tanpa musti dibatasi lirik atau kata-kata. Sebagai pelengkap, dia juga sempat mencetak buku partitur dan aneka macam merchandise dari Sudut Kamar.

Kaset Sudut Kamar diproduksi dan diedarkan oleh Rekam Jaya. Setelah melakoni aktivitas toko rekaman sejak akhir tahun 2019, saat ini Rekam Jaya mulai menjalankan unit label rekaman untuk membantu proses produksi, promosi dan distribusi karya rilisan fisik para musisi/band dari kota Malang. 

Opsi pertama Rekam Jaya jatuh kepada Sudut Kamar, dan ini tentu bukan pilihan yang gegabah. Terbukti, stok sesi pre-order kaset Sudut Kamar langsung ludes dalam waktu singkat, kurang dari 24 jam saja, diserbu oleh fans Christabel Annora dari berbagai kota. 

Kaset Sudut Kamar beredar resmi untuk pasaran luas mulai hari Sabtu, tanggal 15 Agustus 2020. Pada hari itu juga sekaligus digelar Program Pesta Rekam Jaya berupa penjualan perdana kaset Sudut Kamar di Toko Rekam Jaya serta sesi talkshow bersama Christabel Annora secara virtual melalui Instagram Live.

Selepas ini, masih akan ada kejutan lain yang sedang dipersiapkan untuk membawa Sudut Kamar ke ruang-ruang kemungkinan lainnya. (Harlan Boer)

Artikel Terkait