Bisnis

Sambut Era Digitalisasi, PNM Hadirkan Pusat Monitoring Pemberdayaan Pantau Kinerja Perseroan Secara Langsung

Oleh : Rikard Djegadut - Rabu, 19/08/2020 15:15 WIB

EVP Pengembangan dan Legal PT PNM (Persero), Rahfie Syaefulshaaf saat menyampaikan pemaparannya di Ruangan Data Monitoring Center PNM di Lantai 1 Menara Taspen, Jakarta Rabu, (19/8/2020)

Jakarta, INDONEWS.ID - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM, sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki tugas dalam pemberdayaan dan pengembangan Usah Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), kini dapat memantau kinerja perseroan secara real time.

Melalui ruangan yang diberi nama `Pusat Monitoring Pemberdayaan PNM", sejumlah screen secara real time atau live menampilkan data-data lengkap dan pergerakan langsung operasional program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) dan PNM ULaMM (Unit Layanan Modal Mikro) yang terjadi di seluruh Indonesia.

EVP Keuangan dan Operasional PT PNM (Persero), Sunar Basuki dalam pemaparannya menjelaskan data-data yang ditampilkan pada screen dalam ruangan Pusat Monitoring Pemberdayaan PNM ini memuat jumlah nasabah, AO, Kantor Cabang serta jumlah penyaluran PNM di lapangan dan lain-lain.

"Screen-screen ini menampilkan data nasabah MekaaR yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia. Bahkan, longitude para pengawas dan AO juga dapat terdeteksi secara real time melalui GPS. Setiap 15 menit data ini di-refresh," ungkap Sunar di Ruangan Data Monitoring Center PNM, Lantai 1, Menara Taspen, Jakarta, Rabu (19/8/2020).

Sementara itu, EVP Pengembangan dan Legal PT PNM (Persero), Rahfie Syaefulshaaf menjelaskan tujuan dihadirkannya Pusat Monitoring Pemberdayaan (PMP PNM) ini adalah sebagai sistem untuk memoniter kinerja insan PNM. Selain itu, monitoring real time ini merupakan langkah memasuki era digitalisasi.

"Ini untuk membantu monitoring kinerja insan PNM. Sebab pada prinsipnya, bisnis harus dijalankan dengan kedisiplinan. Pada saat teman-teman tidak disiplin terhadap suatu proses, maka akan collapse. Ini sistem memantau kedisiplinan," tegas Rahfie.

Pada kesempatan yang sama, EVP Bisnis ULaMM, Kindaris menegaskan bahwa Data Monitoring Center ini membantu memantau para nasabah UlaMM dan para AOM serta kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Di sini ditampilkan data secara lengkap dan secara real time, sehingga jika ada terjadi sesuatu, kita bisa langsung kontak AOMnya. Dengan melihat data kita bisa tahu kinerja," terang Kindaris.

Turut hadir dalam acara kunjungan ke ruangan Monitoring Data Center PNM ini antara lain Kepala Divisi Teknologi Informasi PT PNM (Persero), Sutanto, Sekretaris Perusahaan PT PNM (Persero) Errinto Pardede, Kepala Divisi Komunikasi YR Wijayandaru serta beberapa staf lainnya.*(Rikard Djegadut)

Artikel Terkait