Nasional

Pekerja Tertular Covid-19 di Trasportasi Umum Meningkat, Satgas Ingatkan Penggunaan Masker

Oleh : Mancik - Minggu, 30/08/2020 15:01 WIB

Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Doni Monardo.(Foto:Istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengingatkan masyarakat atau pekerja untuk menggunakan masker ketika berada di luar rumah dan naik kendaraan umum. Pentingnya penggunaan makser dengan tujuan mencegah penularan virus corona.

Doni yang merupakan kepala BNPB ini menjelaskan, cluster baru Covid-19 kebanyakan pegawai kantoran. Mereka tertular Covid-19 saat naik kendaraan umum pada saat pergi dan pulang kerja setiap hari.

"Pengetahuan tentang kualitas masker pun harus dipahami oleh seluruh lapisan masyarakat. Kapan masker digunakan dengan kualitas seperti apa tentunya menjadi kewajiban kita semua," kata Doni dalam siaran langsung akun Instagram Kemenko Perekonomian RI, Jakarta, Minggu (30/8/2020).

Pentingnya memakai masker,kata Doni, merupakan langkah pertama dan utama melindungi diri dari serangan virus. Selain itu, menggunakan masker menjadi sarana menyelamatkan orang lain yang berada di rumah.

Lebih lanjut Doni menerangkan, saat ini kepatuhan masyarakat dalam melaksanakan protokol kesehatan terutama memakai masker, masih sangat rendah. Ini menjadi menjadi penularan Covid-19 karena tidak sarana pelindung diri.

Berbeda jika masyarakat patuh terhadap anjuran pemerintah melaksanakan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, mengurangi kerumunan dan kebiasaan mencuci tangan. Ini akan mengurangi risiko penularan virus corona.

"Kita kumpulkan dari beberapa wilayah 90% masyarakat kita itu sudah paham memakai masker tetapi kepatuhannya masih di bawah 70%, bahkan ada daerah yang kepatuhannya di bawah 50%," ungkap Doni.

Doni kemudian menegaskan, pemerintah melalui Satgas Covid-19 telah melakukan berbagai macam upaya untuk mengurangi penularan virus corona. Karena itu, ia berharap, ada kesadaran bersama melaksanakan seluruh instruksi pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanganan wabah Covid-19.

 

 

 

Artikel Terkait