Bisnis

PNM Cabang Padang Kukuhkan 3 Klasterisasi Pengembangan Kapasitas Usaha

Oleh : Rikard Djegadut - Kamis, 10/09/2020 11:01 WIB

Peresmian PNM Padang Mall (Foto: Screenshot PKU online PNM)

Padang, INDONEWS.ID - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM cabang Padang menyelenggarakan kegiatan Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) Akbar dan pengukuhan tiga klasterisasi yang dilakukan melalui sarana video conference dan youtube channel @pnm_persero pada Kamis (3/9/2020) lalu.

Acara itu dihadiri oleh Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno, Anggota Komisi VI DPR RI Nevi Zuairina, dan Direktur Bisnis I PT PNM (Persero) Abianti Riana.

Direktur Bisnis I PT PNM (Persero) Abianti Riana mengatakan dampak Covid-19 dirasakan begitu luas oleh pelaku usaha dan berdampak terhadap penurunan pendapatan.

“Dampak Covid-19 yang saat ini dirasakan oleh pelaku usaha ultra mikro, mikro, kecil, dan menengah tidak dihadapi sendiri, melainkan PNM tetap hadir mendampingi melalui pelatihan yang dilakukan secara berkesinambungan untuk tetap memastikan kelangsungan usaha nasabah PNM baik Mekaar maupun ULaMM,” katanya.

Menurutnya, dukungan semua pihak, terutama pemerintah daerah akan memperkuat kolaborasi dan meningkatkan motivasi pelaku usaha ultra mikro, mikro, kecil, maupun menengah untuk meningkatkan produksi dan tetap berkarya di tengah pandemi.

“Kolaborasi dan dukungan yang diberikan oleh pemerintah provinsi Sumatra Barat menambah semangat kami, Insan PNM, juga nasabah PNM di Sumatra Barat khususnya untuk tetap berkarya, berusaha, dan produktif di masa pandemi ini,” tambahnya.

Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno mengapresiasi pembinaan yang selama ini dilakukan PNM kepada pelaku usaha di Sumbar.

“Kami tentu mengapresiasi PNM yang aktif memberikan pembinaan kepada UMKM melalui pelatihan, terlebih di tengah pandemi saat ini. Program PNM telah turut membantu kami dalam menjaga UMKM yang merupakan prioritas dimana jumlahnya merupakan mayoritas di provinsi Sumatra Barat,” katanya.

Kepada kurang lebih 1.000 pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan pelatihan PNM itu, Irwan menghimbau untuk bangkit dan tetap produktif menjalankan usaha dan selalu mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Adapun, pengukuhan tiga klasterisasi PNM cabang Padang yaitu klaster sektoral olahan ubi nasabah Mekaar cabang Payakumbuh Barat, Klaster Sinergi Tanaman Serai Wangi nasabah Mekaar Gunung Talang dan ULaMM Solok, dan Peresmian PNM Mall Padang dilakukan oleh anggota Komisi VI DPR RI, Nevi Zuairina.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi pelatihan oleh Direktur Zataka Express Riza Yulfi, yang antisias diikuti sekitar 1.000 pelaku usaha binaan PNM cabang Padang.

Sementara itu, per Agustus 2020 di Provinsi Sumatra Barat PNM telah mendampingi sebanyak 145.436 nasabah PNM Mekaar dengan total outstanding sebesar Rp231,4 milliar dan 1.385 nasabah ULaMM dengan total outstanding sebesar Rp130,4 miliar.*

 

Loading...

Artikel Terkait