Nasional

Tingkatkan Kompetensi, Kemenag Resmi Buka Bimtek Penceramah Bersertifikat

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 18/09/2020 13:01 WIB

Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid Sa`adi (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID – Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) akhirnya membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Penceramah Bersertifikat setelah sebelumnya rencana tersebut menuai penolakan di masyarakat Jumat (18/9/2020). Pembukaan dilakukan Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid Sa`adi.

"Atas nama Kementerian Agama secara resmi saya me-launching ceramah agama bersertifikat atau program penguatan ceramah agama dengan membaca basmallah. Bismillahirrahmanirrahim semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa membimbing dan mengarahkan kita semuanya," kata Zainut Tauhid melalui daring, Jumat (18/9/2020).

Dia menyebut bahwa program ini demi tujuan kebaikan, yakni mengembangkan kompetensi para penceramah agama.

"Penceramah agama bersertifikat kegiatan ini bertujuan mengembangkan kompetensi para penceramah agama sehingga dapat memenuhi tuntutan zaman dan sekaligus meneguhkan perannya di tengah-tengah modernitas," ujar dia.

Menurut Zainut, di era modernitas, agama dituntut untuk menjawab perkembangan itu dengan pemahaman moderat.

Dari kegiatan tersebut, ia berharap agar para penceramah bisa bertambah wawasan serta kompetensi ilmunya. Di samping juga memiliki integritas kebangsaan yang tinggi guna mendengungkan beragama yang moderat di Tanah Air.

"Kita berharap langkah pembinaan semakin menjawab apa yang dibutuhkan umat, bangsa dan negara," harapnya.

Di akhir, dia meminta agar bangsa Indonesia tetap kokoh menghadapi berbagai tantangan zaman.*

Loading...

Artikel Terkait