Bisnis

Mesin Rusak, Lion Air Mendarat Darurat

Oleh : Ronald - Selasa, 29/09/2020 22:30 WIB

Pesawat Lion Air. (Foto : istimewa)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pesawat Lion Air JT177 dengan nomor registrasi PK-LGZ rute Lombok-Surabaya mendarat darurat akibat mengalami kerusakan mesin sesaat setelah mengudara dari Bandara Lombok, Selasa sore.

Pesawat yang membawa 114 penumpang tersebut take-off dari Bandara Lombok pukul 16.48 WITA, kemudian sekitar pukul 17.00 WITA, Unit Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) Bandara Lombok menerima informasi bahwa pesawat tersebut akan melakukan Return to Base (RTB) atau kembali ke bandara karena mengalami kerusakan mesin nomor 2. Kemudian pukul 17.12 WITA pesawat berhasil mendarat. 

"Pilot kemudian memutuskan untuk Return to Base (RTB) atau kembali ke bandara di mana pesawat itu berangkat," kata General Manager Bandara Internasional Lombok Nugroho Jati dalam keterangan tertulis, Selasa (29/9).

"Tidak ada korban jiwa atau penumpang yang cedera dalam peristiwa ini," lanjutnya. 

Nugroho Jati menyebutkan, dari 114 orang penumpang, 20 orang telah mengajukan refund tiket ke pihak maskapai. Sementara 94 penumpang lainnya tidak mengajukan refund dan akan diberangkatkan esok hari dengan menggunakan pesawat Lion Air JT823 . 

"Yang tidak refund akan kita berangkat besok pagi pukul 08.10 WITA. Saat ini semua penumpang masih proses pendataan dan diinapkan di hotel D`Max Lombok Tengah," tambahnya.  

Diungkapkan Nugroho, pesawat berjenis Boeing B739 tersebut dinyatakan tersebut dinyatakan memerlukan perawatan (maintenance) lebih lanjut di Bandara Lombok.

Dari penumpang 114 orang, 40 orang telah mengajukan refund tiket ke pihak maskapai dan sebanyak 74 penumpang yang tidak mengajukan refund akan diberangkatkan esok hari dengan menggunakan pesawat Lion Air JT823 pukul 08.10 WITA.

"Untuk penumpang yang melakukan refund sampai dengan data pukul 19.45.WITA sebanyak 40 orang dan 74 orang akan diberangkatkan besok pagi," pungkasnya. (rnl)

Artikel Terkait