Bisnis

Dua Skema dari Mega Konsolidasi BRI-Pegadaian-PNM

Oleh : Rikard Djegadut - Senin, 23/11/2020 11:01 WIB

produk UMKM

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemerintah berencana untuk menggabungkan Bank BRI, PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM) untuk menjadi raksasa pembiayaan pelaku UMKM.

Kabar ini tentu menjadi angin segar bagi BRI yang memang dikenal dekat dengan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Terdapat dua skema yang bisa terjadi, kemungkinan pertama adalah Bank BRI mengakuisisi Pegadaian dan PNM. Skema kedua ialah Bank BRI akan menjadi induk holding yang didalamnya terdapat Pegadaian dan PNM.

Mengutip Investor edisi Minggu (22/11/2020), Direktur Bisnis Mikro Bank BRI, Supari mengungkapkan rencana ini masih dibahas oleh Kementerian BUMN.

Dirinya menambahkan bahwa perseroan tidak lupa untuk menyampaikan rencana tersebut ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai regulator.

Sunarso, menambahkan pihaknya akan menyasar usaha segmen ultra mikro dan mikro. Setelah mendorong mereka untuk menjadi nasabah, Bank BRI akan melakukan pendampingan agar UMKM naik kelas.

Perlu diketahui bahwa segmen tersebut merupakan core business bagi PNM yang juga bergerak di sektor pengembangan UMKM dan koperasi.

Aksi konsolidasi antar korporasi akan membuat perusahaan menjadi lebih efisien dan meningkatkan daya saing.

Integrasi antara ketiganya akan memudahkan negara untuk merangkul pelaku usaha ultra mikro dan mikro yang belum terjangkau layanan perbankan.

Pegadaian dan PNM bisa memanfaatkan infrastruktur Bank BRI yang sudah established, sehingga bisa mengurangi biaya yang bersifat manajemen.

Penggabungan ini diharapkan dapat menciptakan lembaga pembiayaan microfinance raksasa dengan aset dan market share yang besar.*(Agenbrilink)

Loading...

Artikel Terkait