Nasional

Sakit, Abu Bakar Ba`syir Dirawat di Rumah Sakit Dengan Pengawalan Densus 88

Oleh : Ronald - Jum'at, 27/11/2020 14:15 WIB

Jakarta, INDONEWS.ID - Terpidana kasus terorisme, Ustaz Abu Bakar Ba`asyir saat ini tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta dengan pengawalan anggota Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen Pas Kemenkumham Rika Aprianti mengatakan bahwa Abu Bakar Ba`asyir dirawat karena sakit.

"Abu Bakar Baasyir dilakukan perawatan di RS RSCM Jakarta Pusat," kata Rika kepada wartawan, Jumat (27/11/2020). 

Rika menjelaskan, kesehatan narapidana terorisme ini menurun disebabkan oleh faktor usia lanjut yang fialaminya saat ini. Sejauh ini, tim dokter masih memberikan perawatan intensif.

"Biasa memang sakit, memang karena usia juga. Ada gangguan kesehatan dan sekarang sedang dirawat," jelas Rika.

Rika memastikan, Ba`asyir dirawat di rumah sakit di Jakarta dengan pengawalan dari pihak Lapas Gunung Sindur sendiri maupun Densus dan juga Brimob. "Dirawat dengan pengawalan Densus 88, Brimob Polda Jabar dan Petugas Lapas Khusus Gunung Sindur," ujar Rika. 

Sebelumnya, Abu Bakar Ba`asyir diketahui mendapatkan remisi khusus di Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah bersama dengan 588 narapidana lainnya di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur Bogor.

Kepala Lapas Khusus IIA Gunung Sindur Mulyadi mengatakan, remisi khusus atau pengurangan masa hukuman diberikan sebagai pemenuhan hak narapidana di Hari Raya Idul Fitri. Ada dua remisi yaitu remisi umum I berupa pengurangan hukuman dan remisi umum II atau bebas.

"Jumlah penerima remisi ada 588 WBP (warga binaan permasyarakatan)," kata Mulyadi, Minggu (22/11/2020) lalu.

Mulyadi merinci, untuk remisi umum I sebanyak 571 WBP dan remisi II sebanyak 18 WBP atau bebas dari penjara karena masa penahanannya hanya tersisa hitungan bulan. Untuk narapidana yang tidak mendapatkan remisi khusus Idul Fitri 2020 ada 247 orang.

"Napi yang langsung bebas ada 18 WBP. Setelah mendapat remisi, hari ini mereka langsung pulang ke rumahnya," pungkasnya. (rnl) 

Artikel Terkait