Daerah

Ketua PMKRI Toraja Desak Aparat Tangkap Pelaku Pembunuhan Keji di Sigi

Oleh : Mancik - Minggu, 29/11/2020 03:03 WIB

Ketua Presidium PMKRI Cabang Toraja, Ignatius Sepryansah Rantano.(Foto:Istimewa)

Toraja, INDONEWS.ID - Ketua Presidium PMKRI Cabang Toraja, Ignatius Sepryansah Rantano, mengutuk tindakan pembunuhan secara keji terhadap masyarakat di Dusun Lewonu, Desa Lemban Tongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah. Sepryansah meminta aparat keamanan untuk segera menangkap pelaku dan diproses sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.

Menurutnya, kasus ini perlu ditangani serius oleh aparat kepolisian terutama pengejaran terhadap pelaku yang melakukan tindakan pembunuhan secara sadis kepada masyarakat yang tidak bersalah. Upaya ini bertujuan untuk menghentikan kejadian serupa terjadi kepada masyarakat lain yang ada wilayah tersebut.

"Saya meminta aparat mengusut dan menangkap para pelaku serta bekerja secara maksimal mungkin untuk menjamin keamanan bagi masyarakat di daerah Sigi maupun di Indonesia secara keseluruhan," kata Sepryansah kepada Indonews.id, Minggu,(29/11/2020)

Sepryansah kembali menegaskan, pembunuhan secara keji terhadap masyarakat biasa seperti ini, sebenarnya tidak terjadi karena negara memiliki aparat keamanan yang mampu mendeteksi seluruh ancaman yang mengancam nyawa masyarakat. Namun, kejadian ini telah terjadi dan beberapa nyawa masyarakat yang tidak berdosa menjadi korban.

Tindakan keji ini, tegas Sepryansah, wajib dikutuk oleh seluruh masyarakat Indonesia, apapun motif para pelaku melakukan penyerangan hingga menewaskan masyarakat biasa. Ini merupakan tindakan yang tidak bisa diterima secara moral kemanusian maupun secara hukum positif di Indonesia.

"Saya mengutuk keras tindakan teror yang terjadi di Sigi, Sulawesi Tengah, yang memakan korban jiwa serta menghanguskan Gereja Bala Keselamatan di Sigi," ungkap Sepryansah.

Sepryansah kemudian mengungkapkan, kejadian keji yan menewaskan warga biasa di Sigi, Palu, Sulawesi Tengah, merupakan duka mendalam bagi seluruh rakyat Indonesia. Karena perisitiwa ini, keluarga dan kerabat maupun masyarakat yang ada di Kabupaten Sigi merasa terpukul karena kehilangan kerabat keluarga mereka secara mengenaskan.

Karena itu, ia mengajak seluruh masyarakat Indonesia menyampaikan duka cita mendalam untuk masyarakat yang menjadi korban kekejaman dari kelompok teroris yang ada di wilayah tersebut. Dukungan dan penguatan perlu disampaikan kepada keluarga korban sehingga mereka mampu melewati peristiwa yang sangat kejam ini.

"Saya selaku Ketua Presidium PMKRI Cabang Toraja menyampaikan dukacita yang mendalam bagi para korban sekaligus memberikan dukungan moril kepada keluarga korban," ungkapnya.

Terakhir, Sepryansah mengajak seluruh tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan untuk tetap menjaga situasi tetap aman dan kondisif. Semua elemen masyarakat mempunyai kewajiban moral menyeruhkan perdamaian sehingga mencegah terjadinya gesekan di masyarakat.

"Sami menyeruhkan kepada para tokoh masyarakat, tokoh agama maupun pemerintah agar menjadi pelopor perdamaian dan membangun suasana sejuk dan kondusif di tengah-tengah masyarakat, kesusahan masyarakat akibat pandemi covid-19 ini tidak boleh ditambah lagi dengan gesekan sosial maupun tindakan teror yang akan semakin menambah beban masyarakat," pungkas Sepryansah.*

 

 

 

 

 

Artikel Terkait