Nasional

Terungkap! Begini Kronologi Lengkap Rizieq Kabur dari RS Ummi Bogor

Oleh : Rikard Djegadut - Minggu, 29/11/2020 14:45 WIB

Imam besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab disambut simpatisannya (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Imam Besar Front Pembela Islam, Rizieq Shihab (RS) dikabarkan kabur dari RS Ummi, Bogor Jawa Barat pada Sabtu malam, 28 November 2020.

Namun, PA 212 membantah istilah bahwa dia kabur. Alasannya, Habib Rizieq keluar dari rumah sakit dalam kondisi sehat.

Direktur Utama RS Ummi Andi Tatat menerangkan bahwa HRS dan keluarga pada Sabtu malam menginformasikan kepada pihak rumah sakit untuk pulang atas permintaan sendiri.

"Pihak RS mengedukasi ke pasien dan keluarga mengenai hasil pemeriksaan yang belum ada hasil tapi keluarga tetap memilih opsi untuk pulang," kata dia saat dikonfirmasi Minggu, 29 November 2020.

Dia menegaskan, pihaknya tidak bertanggung jawab jika terjadi sesuatu pada pasien yang memaksa pulang. Oleh karena itu, pasien bersedia menandatangani dokumen bahwa kepulangan sepenuhnya atas kemauan pasien dan keluarga.

"Istilah di rumah sakit kejadian tersebut merupakan pulang atas permintaan sendiri, bukan RS yang memulangkan," kata dia

Pimpinan FPI itu dikabarkan meninggalkan rumah sakit melalui pintu belakang pada Sabtu malam, 28 November 2020 pukul 20.50 WIB yang diduga melalui gudang obat RS Ummi. Namun, belum diketahui apa kendaraan yang digunakan.

Ketika dicek oleh pihak keamanan pada pukul 21.45 WIB, Habib Rizieq sudah meninggalkan kamar rumah sakit.*

Artikel Terkait