Bisnis

Dukung Kemandirian UKM, Indra Karya Beri Pelatihan Kewirausahaan Mandiri

Oleh : very - Jum'at, 11/12/2020 17:23 WIB

PT Indra Karya (Persero) kembali melaksanakan Workshop Pelatihan Kewirausahaan Mandiri Batch – II bekerjasama dengan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan/ Tanggung Jawa Sosial (PKBL/TJSL) dan Serikat Karyawan Indra Karya (SEKAR IKA), Kamis (10/12/20) yang dilaksanakan secara daring via Zoom. (Foto: Ist)

 

Jakarta, INDONEWS.ID -- Sebagai tindak lanjut dari Workshop Pelatihan Kewirausahaan Mandiri Batch – I pada 12 November 2020 lalu, PT Indra Karya (Persero) kembali melaksanakan Workshop Pelatihan Kewirausahaan Mandiri Batch – II bekerjasama dengan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan/ Tanggung Jawa Sosial (PKBL/TJSL) dan Serikat Karyawan Indra Karya (SEKAR IKA), Kamis (10/12/20) yang dilaksanakan secara daring via Zoom.

Pada kegiatan ini turut juga mengundang 2 narasumber yakni Ibu Juniati Gunawan, PhD (Trisakti Suistainibility Center) dan Ibu Vera Novita (Ketua Yayasan Pulokambing). Acara ini juga turut dihadiri oleh Dewan Komisaris PT Indra Karya (Persero), Direktur Utama PT Indra Karya (Persero), para karyawan yang telah purna tugas serta mitra binaan Indra Karya yang mengikuti kegiatan tersebut.

(Ibu Juniati Gunawan, PhD (Trisakti Suistainibility Center. Foto: Ist)

Dewan Komisaris PT Indra Karya (Persero) Teddy Poernama melalui siaran pers Corporate Communication PT Indra Karya (Persero) di Jakarta, Jumat (11/12) mengatakan, kegiatan pelatihan kewirausahaan mandiri ini dapat terus dilakukan secara berkesinambungan. Setelah berjalan beberapa bulan, akan dilanjutkan dengan melakukan kunjungan ke lokasi usaha para peserta workshop.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong para karyawan baik yang purna tugas sebagai calon UKM maupun mitra binaan perusahaan agar bisa lebih kreatif dalam memanfaatkan berbagai peluang usaha yang ada sehingga diharapkan pelatihan ini berdampak pada kesejahteraan dan perekonomian para karyawan serta mitra binaan khususnya di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

“Saya berbahagia bisa bertemu dengan teman-teman semua dalam pelatihan ini. Semoga acara workshop ini memberikan manfaat bagi para peserta. Setelah workshop batch 1 dan batch 2 akan ada pertemuan lanjutan. Nanti setelah 6 bulan, kita bisa berkunjung ke lokasi para peserta terkait apa yang sudah dilakukan dari kegiatan workshop hari ini,” ujar Dewan Komisaris PT Indra Karya (Persero) Teddy Poernama dalam Workshop PKBL pelatihan Kewirausahaan Mandiri, Kamis (12/10).

(Vera Novita (Ketua Yayasan Pulokambing. Foto: Ist)

Teddy Poernama menambahkan, kegiatan pelatihan kewirausahaan mandiri ini diharapkan dapat terus dilakukan secara berkesinambungan dengan tujuan untuk mendorong para karyawan agar bisa lebih kreatif untuk menangkap serta memanfaatkan berbagai peluang usaha yang ada sehingga harapannya dengan adanya pelatihan ini bisa berdampak pada kesejahteraan dan perekonomian para karyawan yang purna tugas untuk mempersiapkan diri sebagai UKM maupun mitra binaan Indra Karya terlebih di tengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini.

PT Indra Karya (Persero) memiliki concern untuk terus dapat memberikan dampak pada kesejahteraan karyawan yang purna tugas maupun meningkatkan performa dari Mitra binaan. Oleh Karena itu, melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan/ Tanggung Jawab Sosial (PKBL/TJSL) yang bekerjasama dengan Serikat Karyawan Indra Karya (SEKAR) mencoba menginisiasi suatu program Workshop Pelatihan Kewirausahaan Mandiri yang di fasilitatori oleh BUMN Track dengan tujuan untuk mendorong para karyawan purna tugas dan mitra binaan agar menjadi lebih kreatif dan bisa memanfaatkan berbagai potensi dan peluang usaha yang ada sehingga harapannya bisa berdampak pada kesejahteraan dan kemandirian dalam usaha.

Sementara itu, Juniati Gunawan mengungkapkan bahwa dalam memulai bisnis baru ada beberapa kiat yang perlu dilakukan seperti meminta dukungan keluarga/orang terdekat, mempelajari tentang administrasi, dan jauhkan pikiran dari kata ‘gagal’. Selain itu, menentukan visi dan misi bisnis, menghitung modal bisnis, memilih bidang bisnis sesuai passion, waktu untuk memulai bisnis, menentukan keunikan produk/jasa, promosi terbaik, pelayanan dan pengelolaan keuangan secara tepat.

“Kiat sukses dalam memulai usaha mandiri yaitu sabar, mempunyai rencana, ikhlas dan pantang menyerah,” ujar Juniati Gunawan.

Sementara Direktur Utama PT Indra Karya (Persero), Milfan Rantawi mengatakan, kegiatan Pelatihan Kewirausahan Mandiri ini merupakan salah satu wujud kepedulian PT Indra Karya (Persero) terhadap karyawan purna dan pra-purna tugas.

Melalui kerja para karyawan ketika aktif diperusahaan, Indra Karya terus bertumbuh hingga seperti sekarang. Program ini merupakan salah satu bentuk terima kasih perusahaan beserta manajemen kepada para karyawan purna tugas dan mendukung mitra binaan perusahaan. Sehingga diharapkan kegiatan ini bisa terus berlanjut sehingga memiliki dampak nyata terhadap kesejahteraan karyawan maupun mitra binaan perusahaan.

“Kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian perusahaan terhadap karyawan Indra Karya. Melalui kerja nyata para purna tugas ini Indra Karya dapat terus bertumbuh hingga seperti sekarang ini. Nah, kegiatan ini hanya salah satu cerminan terimakasih kami kepada mereka dan juga bentuk komitmen kami dalam mendukung peningkatan mitra binaan kami. Saya berharap kegiatan ini tidak berhenti sampai disini. Kita akan buat wadah khusus sebagai tempat untuk berkoordinasi dan saling memperkuat usaha-usaha dari mitra binaan maupun dari para purna sebagai calon UKM-UKM baru,” pungkasnya. (Very)

Artikel Terkait