Nasional

Dubes Djauhari Oratmangun Terima Penghargaan Hassan Wirajuda Perlindungan WNI

Oleh : Rikard Djegadut - Sabtu, 19/12/2020 20:45 WIB

Duta Besar RI untuk Republik Rakyat Tiongkok merangkap Mongolia, Djauhari Oratmangun

Jakarta, INDONEWS.ID - Pada penghujung tahun ini, Duta Besar RI untuk Republik Rakyat Tiongkok merangkap Mongolia, Djauhari Oratmangun menerima Penghargaan Hassan Wirajuda Award untuk kategori Kepala Perwakilan (18/12).

Penghargaan Hassan Wirajuda Perlindungan WNI Award merupakan apresiasi tertinggi dari Kementerian Luar Negeri atas jasa beliau yang turut aktif dalam perlindungan WNI di luar negeri, khususnya pada saat upaya evakuasi WNI di Wuhan, Tiongkok pada beberapa waktu yang lalu.

Djauhari Oratmangun dinilai mampu memberikan perlindungan total, keberpihakan dan kecepatan serta ketepatan dalam membuat keputusan di tengah krisis yang merupakan faktor kunci.

"Tantangan pandemi ini menunjukkan ketangguhan mesin diplomasi perlindungan Indonesia",tegas Menlu Retno dalam sambutan HWPA 2020 yang dilakukan secara hybrid.

Retno menambahkan, kompleksitas tantangan yang ditimbulkan oleh pembatasan pergerakan dan resiko kesehatan serta keselamatan, tidak menyurutkan usaha seluruh elemen diplomasi Indonesia, baik pusat maupun di perwakilan untuk tetap hadir melindungi.

Hassan Wirajuda Perlindungan WNI Award diberikan kepada 23 Penerima dalam 8 kategori dan dari 85 kandidat yang diajukan oleh berbagai pemangku kepentingan dan ditetapkan 3 penerima untuk kategori kepala perwakilan dan salah satunya adalah Dubes Djauhari Oratmangun.

Sementara itu, beberapa waktu lalu pada 4 Desember 2020, Dubes Djauhari juga menerima Anugerah Perhumas 2020 atas peran aktifnya dalam dunia kehumasan.

Award Diberikan saat Kongres Perhumas yg dibuka oleh Wakil Presiden, Ma`ruf Amin.

Konvensi Nasional Humas Indonesia memilih Dubes Djauhari untuk menerima Anugerah Perhumas dalam kategori Humas Pemerintah setelah BPP Perhumas mendapatkan masukan serta evaluasi terhadap tokoh yang dinominasikan dalam kurun waktu Desember 2019 - November 2020.

Pada kesempatan tersebut, ada juga 5 Tokoh Nasional Indonesia yang menerima Anugerah sesuai Kategorinya masing masing.

Beradaptasi di tengah situasi pandemik Covid-19 serta melihat perkembangan zaman dengan melakukan inovasi, kolaborasi menggunakan teknologi dan media sosial untuk memberikan pesan positif dan narasi yang baik merupakan salah satu caranya, sahut Dubes Djauhari dalam video sambutan.

"Saya menerima Hassan Wirajuda Perlindungan WNI Award dan juga Anugerah Perhumas ini atas nama seluruh Keluarga Besar KBRI Beijing," sahut Dubes Djauhari.

Pemimpin Redaksi Indonews.id, Asri Hadi menyampaikan ucapan selamat atas penghargaan yang diterima Dubes Djauhari Oratmangun.

"Selamat kepada Bapak Dubes Djauhari Oratmangun atas penghargaan ini, semoga tetap amanah dan semakin sukses," ungkap Asri Hadi kepada indonews.id, Sabtu (19/12/20) malam.*

 

Artikel Terkait