Nasional

Pemerintah Buka Formasi CPNS 2021, Fokus Tenaga Kesehatan, Tenaga Pendidikan dan Tenaga Teknis

Oleh : Mancik - Minggu, 27/12/2020 16:24 WIB

Ilustrasi Seleksi CPNS.(Foto:Tribunnews.com)

Jakarta, INDONEWS.ID - Pemerintah kembali membuka penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada tahun 2021 mendatang. Kebijakan tersebut diambil oleh pemerintah karena pada 2020 seleksi CPNS tidak dilakukan dengan di semua level pemerintahan.

Pelaksana tugas (Plt) Deputi bidang SDM Kementerian PANRB Teguh Widjinarko menegaskan, penerimaan CPNS pada tahun 2021 tetap fokus pada beberapa bidang yakni tenaga kesehatan, tenaga pendidikan dan tenaga teknis. Namun, pemerintah belum memastikan waktu pelaksanaannya.

"Saat ini memang kami sudah menerima berbagai usulan dari instansi pemerintah (baik pusat maupun daerah). Fokusnya tetap pada jabatan-jabatan tenaga kesehatan, tenaga pendidikan, dan tenaga teknis yang mendukung arah prioritas pembangunan nasional dan potensi daerah," kata Teguh Widjinarko seperti dilansir dari Kompas.com, Jakarta, Minggu,(27/12/2020)

Lebih lanjut ia menjelaskan, proses penerimaan CNPS tahun 2021 mendatang, benar -benar dilakukan sesuai dengan kebutuhan daerah. Pemerintah pusat mendengarkan masukan dari daerah terutama berkaitan dengan kebutuhan di masing -masing daerah.

Berdasarkan usulan pemerintah tersebut, menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah pusat untuk menentukan formasi penerimaan CPNS. Dengan demikian, kebutuhan daerah akan segera dijawab dan kerja pembangunan berjalan efektif.

Ia menjelaskan, pada tahun 2021, pemerintah akan lebih banyak menerima formasi untuk tenaga pendidikan, khususnya guru. Pemerintah rencananya akan menerima 1 juta guru.

"Rencananya untuk 1 juta guru yang kami akan rekrut tahun depan, direncanakan akan dilakukan dalam tiga kali seleksi atau tes," tutupnya.*

 

 

 

 

Artikel Terkait