Nasional

Sebanyak 10.609 Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Solo

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 12/01/2021 21:30 WIB

Virus Corona (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Sebanyak 10.609 Vaksin Sinovac covid-19 tiba di Kota Solo, Selasa (12/1) sekitar pukul 18.35 WIB. Vaksin dikirim dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan pengawalan ketat kepolisian via tol Semarang-Solo.

Berdasarkan pantauan media seperti dikutip merdeka.com di lokasi, ada empat mobil polisi yang mengawal satu mobil berisi vaksin dan satu mobil ambulans. Vaksin Sinovac dikirim ke gudang obat milik Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo yang ada di Kelurahan Bumi, Kecamatan Laweyan. Sesampai di gudang obat, vaksin disimpan dalam sebuah freezer.

Yang datang hari ini ada 10.609 dan nanti akan kita pakai tanggal 14 dan selanjutnya," ujar Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih kepada wartawan di lokasi.

Untuk teknik pemberian vaksin kepada tenaga kesehatan (nakes), dikatakannya, 1 nakes atau pendukungnya itu mendapat 2 kali dosis. Untuk masing masing dosis sebanyak 0,5 cc, Dengan jarak dosis 1 dan dosis 2, 14 hari.

"Ini akan diberikan kepada 33 faskes (fasilitas kesehatan) yang ditunjuk oleh pemerintah. Yaitu 17 Puskesmas, satu klinik Bhayangkara, dan 14 rumah sakit. Hampir semua rumah sakit, kecuali rumah sakit mata, rumah gigi mulut dan rumah sakit jiwa," terangnya.

Siti mengaku belum mengetahui kapan untuk pengiriman vaksin tahap kedua akan datang. Menurutnya pemerintah akan mengimunisasi minimal 70 persen dari seluruh jumlah penduduk secara bertahap. Sesuai roadmap, vaksin akan dilakukan dalam 4 tahap, hingga Maret 2022.

Sebelumnya Siti juga menyampaikan, Pemerintah Kota Solo menargetkan sebanyak 12.837 nakes bakal mendapatkan vaksin Covid-19 untuk tahap pertama. Dari jumlah tersebut 12.227 di antaranya sudah membalas SMS blast. Jika tidak ada perubahan vaksinasi akan disuntikkan pada 14 Januari mendatang.

"Kami sudah mendata ada 12.837 nakes yang mendapatkan giliran pertama disuntik Vaksinasi Sinovac," ujar Siti.

Wali kota Solo FX Hadi Rudyatmo menambahkan, kedatangan Vaksin Sinovac hari ini menambah motivasi dirinya dan Dinas Kesehatan dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Dengan datangnya vaksin ini, segera kita tindak lanjuti. Ini hari Selasa, mungkin persiapan bu Ning (Kepala DKK Solo Siti Wahyuningsih) sudah bisa dilakukan. Nanti kita lihat hasilnya dalam beberapa bulan mendatang," pungkasnya.*

Loading...

Artikel Terkait