Nasional

DPR: Presiden Jokowi Ajukan Komjen Listyo Sigit Prabowo Sebagai Calon Kapolri

Oleh : very - Rabu, 13/01/2021 12:54 WIB

Ketua DPR RI Puan Maharani menerima surat dari Presiden terkait pencalonan Kapolri, di Senayan, Rabu (13/1). (Foto: Ist)

 

Jakarta, INDONEWS.ID -- Presiden Jokowi akhirnya resmi mengajukan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis yang memasuki masa pensiun.

Komjen Listyo Sigit Prabowo merupakan salah satu nama yang direkomendasikan Kompolnas dan merupakan calon tunggal Kapolri.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPR Puan Maharani di gedung DPR, Rabu (13/1/2021). Surat presiden (Surpres) untuk calon Kapolri itu dibawa secara langsung oleh Mensesneg Pratikno ke DPR pada hari ini.

"Surpres telah kami terima dari bapak presiden yang mana bapak presiden menyampaikan usulan pejabat Kapolri yang akan datang dengan nama tunggal yaitu bapak drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim di Polri," ujar Puan.

Selanjutnya, Komjen Listyo Sigit Prabowo akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan oleh Komisi III DPR yang merupakan mitra kerja Polri. Setelah menjalani fit and proper test, tahapan selanjutnya adalah pengesahan di paripurna DPR dan dilanjutkan pelantikan di Istana Negara.

Adapun Jenderal Idham Azis sedikit lagi akan memasuki masa pensiun. Idham menjabat sebagai Kapolri mulai 1 November 2019 dan pensiun pada Februari 2021. (Very)

Loading...

Artikel Terkait