Nasional

Groovebox Story Merilis Mini Album Perdana

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 15/01/2021 17:01 WIB

Personil Groovebox Story yang baru saja Merilis Mini Album Perdana mereka (Foto: Ist)

Jakarta, INDONEWS.ID - Band baru bergenre synthpop asal Jakarta, Groovebox Story, merilis mini album perdana berjudul “Someday Somewhere”. Selain lagu “Someday Somewhere”, mini album tersebut juga memuat dua lagu lainnya: “Submarine” dan “Submarine” versi Remix oleh Reno Renatama.

Seperti apa suara Groovebox Story? Musik mereka bercerita tentang kehidupan yang difilter lewat Groove-box, perangkat synthesizer utama yang digunakan dalam berkarya di awal pembuatan lagu. Groovebox Story berusaha mereplikasi sound vintage synthesizer dengan twist logika musik modern. Seperti membawakan karya Fariz RM dengan twist produksi Porter Robinson atau The Weekend.

“Besar di era 1980-an, synthpop dan musik elektronik membentuk referensi dan membawa saya ke kondisi sekarang”, ujar Iman Hudaya atau yang kerap disapa Aroel, salah satu penggagas Groovebox Story yang dalam kesehariannya bekerja dalam pembuatan Jingle dan Music Scoring untuk iklan. Sebelumnya Aroel merupakan salah satu personil dari band Planetbumi dan Stereomantic.

Aroel mengajak Deni Priyanto atau yang akrab disapa Ined untuk membentuk sebuah band yang membawakan lagu lagu hits 1980an seperti dari Pet Shop Boys, New Order, Depeche Mode, A-ha, Duran Duran dan lain lain. Sebelumnya, Ined tergabung dalam sebuah band yang bernama Gin & Tonic.

Lalu ada Fery Rahman, akrab disapa Fey, memperkuat formasi Groovebox Story. Fey memulai petualangan bermusik dengan bermain instrumen keyboard, menirukan notasi film-film kartun dan program acara musik di depan televisi pada era 1990an.

Kemudian, sebuah perjumpaan tak terduga dengan Zidni Hakim, yang akhirnya menjadi vokalis Groovebox Story. Zidni aktif di dunia perfilman dan talent iklan sejak 2008. Zidni juga aktif sebagai aktor FTV dari 2011 hingga sekarang. Beberapa film yang dibintanginya adalah “Gundala”, “Perempuan Tanah Jahanam” dan “Catatan si Boy the series” di Net TV. Zidni juga pernah menjadi vokalis band Tiket.

Lagu “Someday Somewhere” sendiri bercerita tentang pengalaman pribadi Aroel. “Suatu pagi gua melihat notifikasi di Facebook bahwa temen gue yang sudah meninggal berulang tahun pada hari itu. Terus langsung kepikiran untuk bikin lagu tentang itu. Lagu yang maknyanya: Suatu saat, di suatu tempat, kelak kita akan bertemu lagi, kawan!” cerita Aroel.

Sedangkan “Submarine”, sebuah lagu yang mengandung pesan sosial, berkisah tentang kondisi Jakarta, yang merupakan salah satu kota dengan penurunan permukaan tanah tercepat di Indonesia. Lagu ini dibantu oleh Lembu Wirowo Jati dari Club Eighties. Selain itu, juga dibantu oleh Jonathan White, penyiar radio Most FM, yang menyumbangkan suara narasi di lagu ini.

Groovebox Story bisa dibilang sebagai sebuah Twist dari kehidupan para personilnya, yang kesehariannya hidup dan berkarya di sektor industri komersial. Di Groovebox Story, mereka bebas berkespresi tanpa batas. Groovebox Story berencana akan merilis EP setiap bulan sepanjang 2021 ini.*(Harlan Boer)

Artikel Terkait