Nasional

Dirotasi ke Komisi VII, Ribka Tjiptaning: Lucu, Dokter Urus Minyak

Oleh : Rikard Djegadut - Selasa, 19/01/2021 18:30 WIB

Politikus PDI Perjuangan Ribka Tjiptaning

Jakarta, INDONEWS.ID - Fraksi PDI Perjuangan DPR RI melakukan rotasi sejumlah anggota. Ribka Tjiptaning dipindahkan dari Komisi IX ke Komisi VII.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Ribka Tjiptaning mendadak ramai diperbincangkan. Hal tersebut lantaran dirinya menolak keras vaksin COVID-19 produksi Sinovac dalam Rapat Kerja (Raker) Komisi IX DPR dengan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin pada Rabu (12/1/2021) pekan lalu.

Atas pernyataan itu, Fraksi PDIP merotasi Ribka dari anggota Komisi IX DPR yang membidangi kesehatan dan ketenagakerjaan menjadi anggota Komisi VII DPR yang membidangi energi dan lingkungan hidup.

Menanggapi rotasinya, Ribka Tjiptaning yang menduduki Komisi IX sejak periode 2005-2009 itu ternyata memberikan komentar yang tak disangka bahkan cenderung unik.

"Komen saya, lucu juga dokter urus minyak. Harus belajar nih," kata dokter lulusan UKI itu saat dikonfirmasi perihal rotasinya, Selasa (19/1/2021).

Soal munculnya spekulasi bahwa rotasinya lantaran tegas menolak vaksin, Ribka tak ingin berkomentar. Sebab, menurutnya, hal itu merupakan kewenangan pimpinan Fraksi PDIP di DPR. "Tanya ke yang mindahin saya, pimpinan fraksi, jangan saya," ujarnya.

Untuk diketahui, selain Ribka, ada sejumlah nama yang juga dirotasi Ketua Fraksi Utut Adianto dan Sekretaris Fraksi Bambang Wuryanto.

Mereka antara lain, Ihsan Yunus dari pimpinan Komisi VIII menjadi anggota Komisi II, lalu Johan Budi dari Komisi II ke Komisi III, Marinus Gea dari Komisi III ke Komisi XI, dan Gilang Dhielafararez dari Komisi VI ke Komisi III.*

Loading...

Artikel Terkait