Nasional

Bocoran! Mantan Menkes Terawan Calon Dubes Spanyol

Oleh : Rikard Djegadut - Jum'at, 19/02/2021 09:15 WIB

Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto

Jakarta, INDONEWS.ID - Mantan Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto menjadi calon kuat menduduki jabatan sebagai Duta Besar RI untuk Spanyol.

Sebagaimana diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) me-reshuffle empat nama Menteri Kabinet Indonesia Maju tepat di penghunjung 2020 lalu.  Satu di antaranya adalah Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.

Kemudian, posisi Menteri Kesehatan digantikan oleh Budi Gunadi Sadikin, Dirut Bank Mandiri, yang kemudian menjadi Dirut PT Asahan Alumuniium dan terakhir Wakil Menteri BUMN.

Setelah meninggalkan jabatan Menkes, Terawan diketahui diam-diam mengembangkan vaksin covid-19 yang disebut Vaksin Nusantara.

Dikabarkan, vaksin Nusantara ini bisa diberikan kepada masyarakat dari segala usia, mulai dari anak-anak hingga usai di atas 60 tahun.

Tak hanya itu, vaksin Nusantara juga bisa diberikan pada orang yang memiliki penyakit penyerta (komorbid).

Kabar Vaksin Nusantara ini disampaikan Terawan di sela mendampingi kunjungan kerja anggota Komisi IX DPR RI di RSUP dr. Kariadi Semarang, Selasa, 16 Februari 2021 lalu.

"Dengan adanya dukungan dari Komisi IX DPR RI untuk memproduksi Vaksin Nusantara ini, maka mudah-mudahan ada percepatan karena untuk vaksin ini harus ada `extraordinary` agar negara kita bisa sejajar dengan negara-negara produksi vaksin. Hanya saja platform kita berbeda," tutur Terawan, dilansir Antara.

Kabar soal Vaksin Nusantara ini menjadi sorotan berbagai media dan publik Indonesia beberapa hari terakhir.

Namun, di tengah kehebohan soal Vaksin Nusantara ini, beredar di Aplikasi Pesan WhatsApp daftar sejumlah nama Calon Duta Besar RI untuk sejumlah negara. Salah satunya adalah Terawan Agus Putranto.

Sumber Indonews.id menyebut sebanyak 17 Calon Duta Besar tersebut bakal dilantik. Tapi tidak disebutkan kapan pelantikan itu dilakukan.

Dikonfirmasi media ini pada Jum`at (19/2/21) pagi soal daftar nama calon dubes dengan judul "Caldubes yg akan dilantik" tersebut,  sumber itu menyebut Terawan akan menjabat sebagai Duta Busar RI untuk Spanyol berkedudukan di Madrid.

"Mantan Menkes Terawan Agus Putranto Calon kuat Duta Besar RI unutk Spanyol," sebut sumber itu. *(Rikard Djegadut).

Loading...

Artikel Terkait