Daerah

Penanaman Serentak 1 Juta Pohon di Provinsi Kalimantan Selatan

Oleh : luska - Sabtu, 10/04/2021 09:07 WIB

Kalsel, INDONEWS.ID - Menindaklanjuti arahan Presiden RI serta untuk perbaikan lingkungan di Provinsi Kalsel, khususnya di tempat bekas Karhutla dan penggundulan hutan (deforestasi) yang menjadi salah satu faktor penyebab utama bencana banjir karena berkurangnya daerah tangkapan air, Pemprov Kalimantan Selatan menggerakkan Penanaman Serentak 1 Juta Pohon di Provinsi Kalimantan Selatan tanggal 9 April 2021.

Kegiatan Kick Off Rehabilitasi Lahan dilakukan secara simbolis di RTH Embung Lok Udat, Guntung Payung, Banjarbaru. 

Sebanyak 570 batang pohon ditanam secara serentak oleh 13 Bupati/Walikota Se Kalsel, seluruh SKPD Pemprov Kalsel, lembaga pendidikan termasuk pondok pesantren,  dan Sektor Swasta, yang terhubung secara virtual dan dihadiri secara langsung oleh jajaran Forkopimda Kalsel  Dirjen Pengendalian DAS dan Rehabilitasi Hutan, Kemen LHK, serta relawan, LSM dan mahasiswa dengan menerapkan protokol kesehatan. 

Penyediaan bibit selain yang disediakan oleh Persemaian Permanen BPTH Pemprov Kal- Sel, BPDAS HL Barito juga difasilitasi oleh Para pemegang izin Pinjam pakai Kawasan Hutan sebagai wujud komitmen bersama untuk perbaikan lingkungan di Kalimantan Selatan

Secara keseluruhan, aksi penanaman pohon di seluruh Provinsi Kalsel, melampaui target 1 juta Pohon, dengan total 1.427.849 batang pohon.

Momentum ini akan terus dilakukan secara konsisten dengan kolaborasi antara seluruh elemen masyarakat yang ada di Provinsi Kalsel sehingga akan mewujudkan re-vegetasi di Provinsi Kalsel.

Upaya penanaman pohon ini tidak berhenti sampai di penanaman pohon saja, tapi juga perawatan pohon-pohon yang sudah ditanam, sekaligus  berlanjut pada upaya revitalisasi lubang-lubang bekas galian tambang untuk menjadi embung dan atau destinasi wisata yang dapat memacu pertumbuhan ekonomi di Provinsi Kalimantan Selatan. (Lka)

Loading...

Artikel Terkait